Rudiantara : Pemimpin ASEAN Dorong Perkembangan Ekonomi Digital

Menkominfo Rudiantara mendampingi Cubeacon terima Gold Winner Asean ICT Awards di Brunei. (Foto: Kominfo/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak para pemimpin ASEAN untuk berkomitmen dan berkolaborasi dalam mendorong inovasi dalam mengembangkan ekonomi digital dengan memanfaatkan TIK.

“Inovasi tidak hanya untuk menghasilkan ide-ide baru, tetapi mengubahnya untuk kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” jelas Rudiantara pada The 16th ASEAN Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting and Related Meetings, baru-baru ini di Brunei Darussalam.

Didampingi Sekretaris Jenderal Farida Dwi Cahyarini, Menkominfo menyampaikan dua hal yang menarik pada ASEAN TELMIN 2016 yaitu Pemerintah sepakat untuk merumuskan internastional roaming yang terjangkau dan kesepakatan untuk serius untuk mengelola “data demand study” terkait peningkatan dan pemanfaatan broadband untuk menciptakan ASEAN interconnected.

Rudiantara menjelaskan, pemerintah Indonesia telah meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XIV yang berfokus pada peta jalan e-commerce Indonesia. “Peta jalan e-Commerce diharapkan dapat meningkatkan perluasan dan perbaikan ekonomi masyarakat digital dengan cara efisien dan terhubung secara global,” tambahnya.

Melalui peta jalan e-commerce ingin menciptakan technoprenur digital. Hal ini dimulai dari upaya Kementerian Kominfo untuk menciptakan 1000 startup digital melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Gerakan ini sekaligus mendukung upaya menjadikan Indonesa sebagai “The Digital Energy of Asia” dengan mencetak 1000 startup sebagai solusi berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital dengan anak muda sebagai motor penggeraknya.

Pada pertemuan ini juga para menteri akan menyampaikan Joint Media Statement yang berisikan beberapa hal diantaranya perkembangan ASEAN ICT Master Plan 2020 (AIM2020); perlindungan data pribadi; pengembangan kebijakan TIK; peningkatan kapasitas Broadband di ASEAN; strategi Cybersecurity ASEAN dan lainnya.

ASEAN Telmin merupakan pertemuan rutin tahunan para Menteri ASEAN yang tahun ini diselenggarakan di Brunei Darussalam. Untuk pertemuan berikutnya pada tahun 2017 akan diadakan di Kamboja. Indonesia direncanakan akan menjadi tuan rumah ASEAN Telsom-Telmin pada tahun 2018 mendatang.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY