Ruangguru Luncurkan Aplikasi Bagi Orang Tua Murid

(ki-ka) Belva Davara (CEO RuangGuru) dan Muhammad Iman Usman (CPO RuangGuru). (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Ruangguru.com, penyedia layanan jasa dan konten pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia meluncurkan produk terbaru dalam bentuk aplikasi mobile khusus bagi para orang tua murid. Aplikasi Ruangguru – Orang Tua dibuat untuk membantu orang tua mengikuti perkembangan belajar anaknya bersama Ruangguru.com.

“Kami menyadari bahwa orang tua memiliki peran yang begitu penting terhadap pendidikan anak-anak mereka. Riset menunjukkan bahwa prestasi belajar anak amat dipengaruhi oleh kualitas partisipasi orang tua. Selama ini, orang tua memperoleh informasi yang terbatas mengenai perkembangan belajar anak. Jika di sekolah, orang tua hanya tahu hasil belajar saat terima rapor akhir semester. Jika mengirim anak belajar di bimbingan belajar, orang tua juga jarang dilibatkan dalam prosesnya. Kami ingin mengubah itu semua”, tutur Belva Devara, Co-Founder dan CEO Ruangguru.com dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta.

Lewat aplikasi ini, para orang tua juga dapat memberikan masukan dan rating untuk guru privat anak untuk setiap sesinya. “Aplikasi ini ke depannya bisa dimanfaatkan bukan hanya bagi pengguna jasa privat di Ruangguru.com saja, tapi bagi siapa saja – selama anaknya menggunakan layanan Ruangguru.com (baik yang berbayar maupun tidak). Sehingga orang tua, di mana saja, tidak perlu lagi khawatir untuk mengetahui perkembangan belajar anak”, tambah Belva Devara.

Proses pendaftaran untuk aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin. Iman Usman, Co-Founder dan CPO Ruangguru.com, menjelaskan orang tua hanya cukup memasukkan nomor ponsel saat mengawali penggunaan aplikasi ini dan parental code yang terhubung dengan profil anak. Selanjutnya, orang tua langsung dapat melihat jadwal privat anaknya, membaca laporan evaluasi belajar anak dari guru privat, memesan guru privat untuk datang ke rumah, membeli paket tutoring online, dan lainnya. “Ini merupakan sebuah revolusi dari budaya les privat yang sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia,” ujar Iman.

Ke depannya, aplikasi Ruangguru – Orang Tua juga akan memiliki tambahan fitur yang dapat digunakan para orang tua untuk melihat analisis informasi soal perkembangan dan prestasi belajar mandiri anak (latihan soal, persiapan ujian, hasil tryout, PR di sekolah, dan ujian lainnya).

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply