Remaja Disabilitas Juara GITC Mendapat Bantuan Penunjang Belajar

SONY DSC

YOUNGSTERS.id - – Para remaja penyandang disabilitas yang telah memenangkan Kompetisi Ketrampilan Teknologi Informasi tingkat Asia Pasifik Global Information Technology Competition (GITC) 2015, mendapat bantuan kerjasama serta sponsorship dari PT Astra Graphia Tbk. Bantuan diberikan kepada YPAC Nasional (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), yang pada  5 Februari 2016 merayakan HUT ke-63.

Bantuan kerjasama yang diberikan berupa perangkat multifungsi A3 (Copy, Print, Scan) untuk perlengkapan Kantor Sekretariat YPAC Nasional di Jakarta. Ke depan, diharapkan bantuan diberikan untuk seluruh YPAC Daerah yang tersebar di 16 kota di 14 provinsi di Indonesia.

“Bantuan kerjasama ini merupakan bentuk dukungan Astragraphia atas upaya untuk meningkatkan potensi penyandang disabilitas di Indonesia. Apa yang telah dilakukan oleh YPAC Nasional dalam membuka akses pada remaja disabilitas untuk meningkatkan keterampilan mereka dibidang TI, sangat kami hargai sekali.  Remaja disabilitas Indonesia mempunyai hak yang sama dengan remaja lainnya untuk mendapat akses bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya, termasuk mendapatkan manfaat dari kecanggihan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat menjembatani dalam meraih cita-citanya”, ujar Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk.

GITC 2015 merupakan ajang kompetisi keterampilan TI remaja disabilitas se-Asia Pasifik yang diikuti 15 negara dan diadakan setiap tahun sejak 2011 di negara yang berbeda.  Pada kesempatan ini, YPAC Nasional telah melakukan seleksi untuk 36 remaja disabilitas usia 15–24 tahun, dan ke 36 remaja ini didampingi oleh 12 pakar TI Indonesia serta 12 pendamping.

“Tim Indonesia di ajang Global 2015 ini, menyabet 10 medali dari 31 medali yang disediakan untuk berbagai kategori. Hasil yang sangat menggembirakan sekali,” ujar Imbari Kusuma Sembada, Ketua Umum YPAC Nasional.

Kompetisi  ini didukung oleh Korean Society for the Rehabilitation of Persons with Disabilities (KSRPD), yang diselenggarakan bersama YPAC Nasional serta Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Serpong, Banten pada akhir Oktober 2015.

Sebelumnya, tim Indonesia yang terdiri dari 9 individu (6 remaja disabilitas dan 3 pendamping) ketika mengikuti GITC 2014 di Busan Korea Selatan, berhasil meraih medali kelompok dan perorangan.

Khusus untuk Juara Umum GITC 2015, Paramuditaya Dyan Prabaswara, asal Kebumen, Jawa Tengah, Astragraphia memberikan hadiah uang saku, sebagai tanda apresiasi sebagai juara umum, dengan predikat Global IT Leader. Dyan akan berangkat ke Seoul, Korea Selatan disertai oleh 2 orang pendamping dari YPAC Nasional dan Kominfo, pada hari Minggu, 14 Februari selama seminggu menjalani pelatihan terkait TI.

Selain itu, pihak Astra Graphia juga menghadiahi para juara GITC 2015 ini dengan Tujuh (7) unit Laser Printer Fuji Xerox sebagai alat penunjang proses belajar mereka ke depannya.

“Semoga apa yang dilakukan oleh PT Astra Graphia ini dapat menggugah pihak lainnya dalam memberikan perhatiannya untuk kebutuhan remaja penyandang disabilitas,” imbuh Imbari.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA