Presiden Ingin UMKM Naik Kelas

Presiden membuka Pameran Waralaba dan UKM Indonesia 2016 di Balai Sidang Jakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Presiden Joko Widodo melakukan diskusi bersama sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membahas upaya pengembangan sektor usaha. UMKM juga diharapkan naik kelas ditengah melemahnya pertumbuhan ekonomi dunia.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin meminta masukan-masukan baik yang berkaitan dengan permodalan, baik yang berkaitan dengan pasar, dan mungkin yang berkaitan dengan produksi,” kata Jokowi saat membuka pertemuan itu Jumat (25/11/2016) di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Kepala Negara, pemerintah bersama pengusaha perlu memperkuat potensi UMKM yang ada di Indonesia dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Joko Widodo juga ingin para pengusaha bisa terus berkembang dan naik kelas. “Ya kalau bisa, kita bawa yang tengah menjadi besar, yang kecil menjadi menengah, yang mikro naik menjadi kecil,” katanya.

Pemerintah tahu saat ini kondisi ekonomi dunia sedang sulit. Pihaknya juga terus berupa agar tidak terus tertekan dalam kondisi ini dan berbalik bangkit dari situasi ini.

“Tapi apapun saya kira dunia usaha sudah terbiasa dengan tantangan, terbiasa dengan rintangan-rintangan seperti itu dan saya ingin pada siang hari ini mendapat masukan dari bapak ibu saudara UMKM semuanya,” pungkas Jokowi.

Usai pertemuan itu Presiden membuka Pameran Waralaba dan UKM Indonesia 2016 (Indonesia Franchise & SME Expo atau IFSE) di Balai Sidang Jakarta dengan berharap usaha itu dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di Tanah Air.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY