Portal ini Fasilitasi UMKM Jangkau Pasar Global

YOUNGSTERS.id - Indonesia memiliki banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, kebanyakan dari mereka belum memiliki pengetahuan memadai soal dunia promosi digital dan internet. Nah, untuk menjangkau pasar global, para UMKM bisa bergabung di portal ini.

Indonesia-Product.com adalah sebuah direktori pelaku UMKM. Diklaim Santoso Suratso, Direktur Utama PT Indonesia Product Global (PT IPG)—pengelola portal indonesia-product.com, portal itu sudah dikembangkan sejak 1998. Termasuk beberapa portal pendukungnya.

Tujuannya, membantu pengusaha UMKM di Indonesia untuk mempromosikan usaha mereka hingga ke pasar seluruh dunia melalui portal Indonesia-Product.com.

“Harapan kami adalah dapat membantu UMKM Indonesia untuk bisa mendapatkan pangsa pasar dalam dan luar negeri melalui promosi digital di mana hal ini akan membantu mendatangkan devisa bagi negara,” kata Santoso.

Diklaim Santoso, saat ini Indonesia-Product.com telah memiliki sekitar 20 portal yang memiliki pagerank score tinggi di Google, sehingga memungkinkan portal-portal itu muncul pada halaman pertama pencarian di Google.com.

Bagi UMKM yang bergabung di portal ini, maka produk mereka akan mudah ditemukan oleh pembeli global dari seluruh dunia. “Untuk bergabung ke portal ini, kami memberikan fasilitas gratis, tanpa ada biaya satu rupiah pun untuk para pelaku UMKM,” tegasnya.

Ditambahkan Ginting Satyana, Pelaksana Teknis PT IPG, saat ini pihaknya sudah memiliki cukup banyak basis data UKM Indonesia. Terutama basis data yang cukup kuat untuk kategori furniture, jewellery, handicraft, garment, dan natural stone.

“Ke depannya kami memiliki rencana untuk mengembangkan Indonesia-Product.com lebih luas lagi untuk turut membantu memajukan UMKM Indonesia supaya bisa lebih dikenal hingga ke seluruh dunia serta meningkatkan kemampuan bersaing pengusaha Indonesia, terutama UMKM di panggung bisnis dunia dalam rangka pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ujar Ginting.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA