PMI Sedia Aplikasi Mobile Untuk Gawat Darurat Medis

Aplikasi PMI First Aid. (Foto : Istimwa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Palang Merah Indonesia (PMI) menyediakan aplikasi mobile bernama “PMI First Aid”. Aplikasi ini dapat membantu para pemudik, terutama ketika mengalami situasi gawat darurat medis.

Seperti namanya, aplikasi ini berisi informasi mengenai pertolongan pertama pada kondisi gawat darurat medis sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Aplikasi Pertolongan Pertama ini sangat membantu masyarakat sewaktu mengalami situasi darurat, misalnya ketika sedang di perjalanan mudik. Karena yang disampaikan di aplikasi ini bukan hanya dalam bentuk tulisan, tetapi juga gambar,” ungkap Kepala Divisi Kesehatan PMI Pusat, Arfan Faturrohman dalam keterangan pers baru-baru ini.

Informasi pertolongan kondisi darurat yang bisa ditemukan dalam aplikasi ini antara lain pertolongan pertama untuk serangan asma, perdarahan, luka bakar, batah tulang, tersedak, cedera kepala, hipotermia, keracunan bahan berbahaya, kejang atau epilepsi, stroke, tidak sadarkan diri, dan masih banyak lagi.

Selain itu, selama musim mudik Lebaran 2016, PMI juga telah mensiagakan 219 Pos Pertolongan Pertama (PP) gabungan, mensiagakan 327 unit ambulan darurat, serta memobilisasi 5.632 personel sukarelawan yang terdiri dari dokter dan paramedis. Pos PP dan ambulan PMI tersebut telah disiagakan di tempat-tempat strategis yang rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan, serta tempat wisata.

STEVY WIDIA