Perusahaan Singapura Bidik Tenaga ICT Indonesia

YOUNGSTERS.id - Memasuki era perdagangan bebas, negara-negara di dunia mulai “berburu” tenaga di bidang information & communication technology (ICT) ke Indonesia. Lulusan Telkom University, tampaknya menjadi salah satu yang diburu.

Hari ini, Kamis (25/2/16), International Enterprise (IE) Singapore, sebuah badan hukum di bawah Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Singapura, melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Telkom University. Isinya, kerja sama dalam hal penyaluran lulusan untuk kebutuhan perusahaan Singapura, termasuk penempatan magang.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh IE Singapore Group Director of Southeast Asia Group Mr. Ivan Tan, dan Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng., Ph.D. dalam acara bertajuk “IE Singapore-Telkom University Career Day”.

Tan menyebut Telkom University sebagai perguruan tinggi yang direkomendasikan pemerintah Indonesia kepada IE Singapore, karena dianggap mampu mencetak lulusan yang unggul di bidang TIK. Perusahaan-perusahaan Singapura yang beroperasi di Indonesia memang membutuhkan pekerja ICT dalam negeri untuk menunjang pertumbuhan pasar.

Sementara itu, Ashari mengatakan bahwa Telkom University telah menjalin kerja sama dengan banyak negara untuk menyalurkan lulusan-lulusannya, melalui Telkom University Career (TUC). Ini merupakan wadah bagi para calon lulusan dan alumni Telkom University untuk berdiskusi tentang kesiapan menghadapi dunia kerja, serta pilihan-pilihan yang akan mereka ambil pasca lulus dari Telkom University. Maka tidak heran jika berdasarkan hasil pelacakan lulusan (Tracer Study) Tahun 2015 angka penyerapan lulusan Telkom University di dunia kerja mencapai 82%.

“Adapun kegiatan kerja sama dengan International Enterprise Singapore hari ini merupakan wujud dari upaya Telkom University untuk mengembangkan eksistensi di dunia internasional dalam menghadapi MEA. Sekaligus menjadi indikator bahwa lulusan Telkom University sudah memenuhi standar kebutuhan industri di ASEAN,” tutur Ashari.

Selain penandatanganan MoU, “IE Singapore-Telkom University Career Day” juga diisi dengan seminar internasional dan rekrutasi. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa tingkat akhir dan lulusan Telkom University dapat berhadapan langsung dengan perwakilan 6 (enam) perusahaan Singapura untuk menggali peluang magang maupun menjadi pegawai.

Wakil Rektor III Telkom University AMA Suyanto berharap agar kerja sama dengan IE Singapore ini dapat meningkatkan rasio penyerapan lulusan, terutama mempercepat waktu tunggu lulusan untuk bekerja sesuai dengan kompetensinya. Saat ini waktu tunggu rata-rata bagi lulusan Telkom University berada di angka 3,22 Bulan. Ini dilakukan untuk meningkatkan percepatan kontribusi Telkom University kepada dunia industri, khususnya negara ASEAN.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA