Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Tercepat di Dunia

Pemerintah siapkan dana pengembangan e-commerce. (Foto : Keprinet/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pertumbuhan e-commerce di Indonesia diperkirakan dapat mencapai angka USD150 miliar di tahun 2025. Hal tersebut membuat Indonesia tampil sebagai pasar e-commerce dengan pertumbuhan paling tinggi di dunia.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal e-commerce. Salah satu penyebabnya adalah budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi,” kata Adrian Li, Managing Partner dari Convergence Ventures dikutip dari Antara (4/10/2016).

Salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang konsumtif. Bahkan menurut Bloomberg, 53 % masyarakat Indonesia akan terlibat di aktivitas e-commerce pada tahun 2020. “Dari beberapa estimasi, perkembangan e-commerce Indonesia bahkan melebihi Tinongkok,” ujar Adrian.

Masyarakat dengan pendapatan lebih dari US$ 10 per harinya tersebut diperkirakan akan bertambah sebanyak 5 juta orang per tahun. Di tahun 2020 jumlah masyarakat tersebut diperkirakan akan mencapai angka 86 juta. Masyarakat kelas menengah tersebut kebanyakan juga memiliki akses terhadap internet, sehingga membuat e-commerce semakin mudah dijangkau.

Bahkan penjualan melalui e-commerce diprediksi akan melonjak ke angka 7 hingga 8 % dari seluruh penjualan ritel di Indonesia pada tahun 2020. Padahal, saat ini jumlah penjualan melalui e-commerce hanya menguasai 1 % pasar ritel.

Seiring dengan itu tren startup akan meninggkat. “Ke depannya kami melihat ada tren baru yaitu start up company (perusahaan rintisan) yang bisnisnya berbasis online,” kata Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto.

Dari sisi pemerintah, Presiden Joko Widodo juga sedang mengupayakan agar pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin kuat. Termasuk mengupayakan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Melalui pembangunan infrastruktur, sistem pengiriman barang dan pergudangan di Indonesia diharapkan akan semakin baik sehingga dapat membantu perkembangan e-commerce.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply