Pengiriman Logistik Kini Bisa Lewat Aplikasi

Deliveree, aplikasi pengiriman logistik kini beroperasi di Indonesia. (Foto: Dok.Deliveree/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Startup aplikasi mobile telah masuk hampir ke semua lini kehidupan. Yang terbaru adalah aplikasi mobile dan web, Deliveree, untuk layanan untuk memesan dan mengatur penjemputan dan pengiriman barang. Sasarannya pelanggan bisnis seperti katering, furniture, kue dan FMCG.

Startup yang didirikan oleh Inspire Venture dan Ardent Capital itu akan mulai beroperasi di Indonesia pada September 2015 dengan Jakarta sebagai kota pertama.

“Kami tidak hanya melihat Indonesia sebagai pasar yang sangat baik di mana kami dapat menangkap peluang yang besar, tapi kami juga ingin meningkatkan efisiensi dalam bidang logistik,” kata Nattapak Atichartakarn, Senior Manager Deliveree, dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta

Starup ini berbasis di Bangkok, Thailand. Nattapak menjelaskan bahwa pelanggan bisnis seperti katering, furniture, kue dan FMCG biasa menggunakan Deliveree untuk mengirim barang dari gudang atau pabrik ke toko, atau dari toko ke pengguna akhir.

“Kami ingin membuat layanan logistik yang cepat dan mudah, membantu pengiriman bisnis dengan tarif yang lebih rendah, dan bagi partner pengemudi kami harap dapat membantu meningkatkan pendapatan mereka,” tambah Nattapak.
Cara kerja Deliveree tidak jauh berbeda dengan layanan logistik online lainnya. Pengguna dapat mengunduh aplikasi mobile Deliveree di App Store atau pun Play Store, lalu melakukan pemesanan layanan dengan memasukkan alamat, memilih jenis kendaraan dan menentukan waktu penjemputan.

“Untuk memastikan customer puas, diakhir layanan, kami menampilkan skala 5 bintang. Jika customer memberikan sedikit bintang, kami akan lakukan investigasi dan akan training ulang pengemudi agar lebih baik ke depannya,” ujar Nat.

Tidak hanya digunakan oleh pebisnis, layanan Deliveree juga dapat digunakan oleh individu untuk pindahan rumah atau apartemen, mengirim dokumen atau bingkisan.

“Satu manfaat yang terpenting yang didapat pengguna adalah harga yang transparan. Kami juga menghadirkan layanan tambahan, seperti bantuan pengemudi atau bantuan orang untuk mengangkut barang. Pengguna juga tidak perlu khawatir akan barang yang mereka kirim karena kami juga menyajikan fitur tracking,” lanjut dia.

Dengan fitur tracking memudahkan pengguna untuk membagikan lokasi pengemudi kepada penerima barang. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengiriman sekarang atau pun terjadwal.

Deliveree telah beroperasi di Bandung pada Maret 2016. Hingga Juli 2016, Deliveree Indonesia telah bekerjasama dengan lebih dari 2.000 pengemudi di daerah Jabodetabek dan Bandung, dari jenis armada sepeda motor, City Car, MPV, Van, Pick Up dan Box Truck.

Biaya yang dikenakan 5km pertama untuk motor adalah Rp 11.000, untuk city car Rp 50.000, untuk MPV Rp 60.000, untuk Van Rp 80.000, untuk pick up kecil Rp 100.000, dan untuk box kecil Rp 120.000.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply