Pengguna Aplikasi UangTeman Naik 80%

Founder dan pengelola aplikasi pinjaman dana tunai UangTeman. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Layanan peer to peer (P2P) lending UangTeman mengumumkan platform ini mengalami kenaikan signifikan hampir 80% dibanding memasuki bulan puasa pada tahun lalu.

“Kondisi ini menunjukan, semakin bertambahnya tingkat kebutuhan dari masyarakat terhadap UangTeman seiring dengan kemudahan akses maupun pemberian pinjaman tanpa jaminan yang diberikan oleh UangTeman,” ucap Rimba Laut Head of Public and Government Relations UangTeman, dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta.

UangTeman pun menyatakan sejak berdiri pada tahun 201 mereka telah menyalurkan total pinjaman lebih dari Rp60 Miliar.

“Hingga kuartal pertama 2017, total penyaluran pinjaman UangTeman tumbuh 100% dibandingkan kuartal pertama tahun 2016, atau menjadi sekitar Rp20 Miliar,” terangnya.

Rimba menjelaskan, dari data Google Analytics, jumlah orang yang berkunjung langsung ke website www.uangteman.com selama dua bulan terakhir menjelang puasa tahun ini mencapai sekitar 200 ribu orang.

“Pencapaian ini sekaligus memperlihatkan bahwa sudah semakin melekatnya UangTeman di tengah-tengah masyarakat sebagai layanan pinjaman online mikro yang dapat dipercaya dan memiliki teknologi yang mumpuni untuk memproses data dari calon nasabah dengan cepat serta tanpa persyaratan yang sulit,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk peminjam UangTeman saat ini berasal dari Jabodetabek, Surabaya, Magelang, Solo, Sidoarjo, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Makassar, Palembang, Lampung, Jambi, dan Balikpapan. “Saat ini, UangTeman merupakan perusahaan fintech pertama dan satu-satunya yang telah melayani masyarakat di luar Pulau Jawa,” ungkapnya.

Uniknya, seluruh prestasi tersebut berhasil mereka raih seiring dengan usai Idul Fitri nanti dapat mengatasi kredit macet. Hal ini lantaran teknologi algoritma yang dimiliki UangTeman bisa mengidentifikasi apakah si calon nasabah bisa atau tidak diberikan pinjaman.

“Risiko-risiko itu sudah diketahui UangTeman dan sudah kita antisipasi. Selama ini, tingkat acceptance rate di UangTeman sekitar 25 – 30 persen, artinya jika dalam satu hari ada 1.000 aplikasi yang masuk misalnya maka hanya 250-300 aplikasi saja yang disetujui,” ucapnya.

Menurut Rimba, selama dua tahun lebih berdiri di Indonesia, tingkat nonperforming loan (NPL) UangTeman masih dalam kondisi stabil bagus di bawah 3%. “Di sisi lain, UangTeman juga memiliki tim collection yang semuanya merupakan karyawan internal dan tetap melakukan penagihan secara berkeadilan terhadap nasabah yang terlambat bayar,” katanya.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY