Pendampingan UKM Disertifikasi

UKM (Foto: ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Keberadaan pendamping yang  tersertifikasi penting untuk memberikan konsultasi dan membantu meningkatkan kinerja UMKM. Untuk itu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UMKM) akan melakukan sertifikasi terhadap para pendamping di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Yuana Sutyowati Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, mengatakan, UMKM mesti terus didampingi agar lebih kuat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Saat ini ada 7.368 pendamping yang terdaftar dan tersebar di berbagai daerah. Hanya saja, selama ini kan mereka belum ada yang memiliki sertifikat makanya kami mulai sertifikasi tahun ini,” kata Yuana dalam keterangan resmi Kamis (17/3).

Pendampingan yang diberikan antara lain bimbingan, konsultasi, hingga advokasi. Pendampingan oleh lembaga pendamping atau perorangan.

Disebutkan, parapendamping melakukan pendampingan sesuai dengan program masing-masing kedeputian. Khusus pendampingan PLUT KUMKM, lanjut Yuana, sebanyak 293
orang ditempatkan di 49 PLUT KUMKM.

Pihaknya juga akan melakukan seleksi kembali para pendamping pada Juni mendatang, termasuk juga pendamping lama wajib mendaftar ulang.

Saat ini terdapat 42 PLUT dan direncanakan tahun ini kami menambah tujuh PLUT lagi pada Mei mendatang. Hingga tahun 2019, pemerintah pun menargetkan terdapat 265 PLUT untuk meningkatkan layanan bagi pengembangan usaha KUMKM di berbagai daerah, kata Yuana lagi.

 

STEVY WIDIA