Pendaftaran IWIC Diperpanjang

Pendaftaran IWIC diperpanjang hingga 9 Otober 2016 (Foto: Indosat Ooredoo/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Indosat Ooredoo memperpanjang waktu pendaftaran (submission) karya Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) 10 hingga tanggal 9 Oktober 2016.  Pertimbangannya, antusiasme peserta cukup tinggi. Dengan adanya submission ini akan memberikan waktu lebih bagi calon peserta dalam menyiapkan ide dan kreativitasnya.

“IWIC tahun ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah internasional. Itulah mengapa, Indosat Ooredoo telah memutuskan untuk memperpanjang waktu submission hingga tanggal 9 Oktober 2016 untuk mengakomodir permintaan banyak peserta, terutama peserta internasional yang masih membutuhkan waktu mengembangkan idenya,” ujar Thomas Purnawan Suhardja, Acting Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Dijelaskan Thomas, setelah submisson berakhir di 9 Oktober 2016, proses selanjutnya adalah penyeleksian, yang akan dilakukan pada 11 hingga 18 Oktober 2016. Finalis terpilih akan mengikuti bootcamp pada 31 Oktober – 1 November 2016, dan kemudian akan mengikuti Grand Final IWIC yang dilaksanakan pada 2 November 2016.

IWIC yang memasuki penyelenggaraan ke-10 ini, memperluas cakupan kompetisi menjadi lebih global untuk menyejajarkan talenta digital Indonesia dengan pemain internasional melalui kompetisi penciptaan ide dan aplikasi bertemakan #ChangetheWorld. “Tema ini digunakan seiring dengan banyaknya aplikasi mobile yang diciptakan untuk memudahkan hidup masyarakat banyak,” jelas Thomas.

IWIC ke-10 menghadirkan berbagai kategori yang dapat diikuti, salah satunya Special Category for Women & Girls seiring dengan komitmen Indosat Ooredoo untuk terus mendukung pemberdayaan perempuan melalui program women connected to mobile internet. Peserta dapat mengirimkan ide dan aplikasi yang mampu membantu aktivitas perempuan baik itu dalam profesinya atau dalam keseharian. Kategori ini dihadirkan untuk meningkatkan jumlah perempuan yang terhubung dengan internet agar kualitas kehidupannya dapat meningkat.

Juga, ada Disabled Category yang berawal dari semangat Indosat Ooredoo untuk menghadirkan dunia digital bagi semua, tidak terkecuali masyarakat yang berkebutuhan khusus.

Selain itu, ada juga Kids, Teens, University Student and Public, serta Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia. Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Communications, Lifestyle, & Education; Multimedia & Games; Utility (tools, security, ideas/apps for disabled); tourism; dan Social Innovation. Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Sejak tahun 2006, Indosat Ooredoo secara konsisten menghadirkan IWIC untuk merangsang minat generasi muda Indonesia di dunia digital. Ajang kompetisi aplikasi mobile ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia di tengah tingginya trend penggunaan aplikasi online saat ini.

Selama satu dekade, IWIC telah menghasilkan 7.111 ide dan aplikasi mobile yang inovatif, sehingga menjadikan IWIC sebagai salah satu program kompetisi aplikasi terkemuka di Indonesia. Beberapa karya bahkan telah menjadi aplikasi komersial yang memudahkan masyarakat.

 

RADEN DIBI IRNAWAN