Pemuda Dituntut Berperan Dalam Pengendalian Perubahan Iklim

Pemuda dituntut berperan dalam pengendalian perubahan iklim (Foto: climatereality.or.id)

YOUNGSTERS.id - Pemuda mampunyai peran yang sangat penting dalam upaya pengendalian perubahan iklim, karena masa depan merekalah yang terancam jika tidak segera dilakukan upaya mitigasi serta adaptasi perubahan iklim yang signifikan. Demikian dikemukakan Amanda Katili Niode, Manager The Climate Reality Project Indonesia (CRPI).

Oleh karena itu, CRPI mengajak para pemuda untuk mengendalikan perubahan iklim yang terjadi di Indonesia maupun di dunia sekarang ini.

“Pemuda Indonesia harus menempatkan isu perubahan iklim sebagai isu yang penting karena Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim yang mana dibeberapa daerah sudah dirasakan secara nyata dan signifikan. Beberapa dampaknya antara lain bencana seperti banjir dan kekeringan, gagal panen karena perubahan cuaca yang ekstrim, terganggunya suplai air bersih karena perubahan pola cuaca, perubahan pola dan gaya hidup, dan lain sebagainya,” ujar Amanda, Sabtu (2/4/2016), dikutip dari laman bisnis.com.

Menurut Amanda, perubahan iklim sendiri merupakan permasalahan lingkungan hidup yang sudah mencapai tingkat global. Oleh karena itu, pihaknya melihat bagaimana berbagai negara bersama dengan berbagai pihak belomba-lomba untuk berbuat sesuatu, tidak harus ilmuwan tapi semua pihak juga bisa berbuat termasuk anak-anak muda.

“Oleh karena itu kami mengadakan berbagai pelatihan terutama bagi pemuda melalui Youth for Climate Camp di Bali guna menyusun strategi peserta untuk mengurangi jejak karbon dari aktivitas mereka sehari-hari,” jelas Amanda.

Menurut Amanda, sejatinya upaya menghadapi perubahan iklim ini jangan hanya pemerintah saja yang berperan. Namun harus ada juga pemeran non pemerintah seperti investor, akademisi, pemuda, lembaga swadaya masyarakat, BUMN, dan sebagainya.

“Perubahan iklim merupakan tantangan besar dalam pembangunan di abad 21 ini, sehingga semangat pengendalian perubahan iklim harus dilakukan tidak hanya pemerintah saja, melainkan seluruh lapisan masyarakat dunia,” tukasnya.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY