Pemerintah Targetkan Indonesia Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar

Ajang pameran teknologi informasi dan komunikasi (ICT) bertaraf internasional terus digelar di Indonesia untuk mendorong ekosistem digital. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah terus mendorong digitalisasi masyarakat dengan layanan digital yang semakin luas di seluruh Indonesia. Hal itu untuk mencapai target menjadikan Indonesia negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

“Diharapkan masyarakat akan semakin dapat menikmati manfaat digital sesuai dengan target pemerintah untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Menteri komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam keterangan tertulisnya Minggu (30/10/2016) di Jakarta.

Menurut Menkominfo, perluasan akses dan pemanfaatan aplikasi digital diyakini dapat semakin memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi Indonesia dalam bentuk tumbuhnya industri kreatif. Rudiantara juga membuka acara Digital Running for Innovation dan Digital Market serta Pameran OTT yang berlangsung di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bakti Postel ke-71 dengan tema Revolusi Digital Menuju Indonesia Hebat. Tema acara tahunan kali ini sejalan dengan Visi Pemerintah 2020 untuk menjadikan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar se -Asia Tenggara.

Sementara itu, Ketua Umum Hari Bakti Postel (HBP) ke-71, Alexander Rusli, menjelaskan berbagai acara digelar antara lain 7.1K Digital Running for Innovation, Pasar Digital, Mobil Klinik, Pameran OTT, dan Panggung Hiburan. Berbagai acara tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat lebih luas dari industri telekomunikasi nasional kepada bangsa. Penyelenggaraan Digital Running dan Digital Market serta Pameran OTT, bukan hanya untuk komunitas postel namun juga untuk masyarakat umum.

Kegiatan Pasar Digital diselenggarakan untuk memberikan literacy kepada masyarakat umum mengenai electronic money dari industri telekomunikasi, sehingga dapat menggiatkan penggunaan uang digital atau E-money yang dimiliki oleh setiap operator dalam transaksi ecommerce dan lainnya. Sementara Pameran OTT bertujuan untuk mengakomodasi pertumbuhan startup-startup potensial Indonesia.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY