Pemerintah Siapkan “Senjata” Ekosistem Industri Teknologi Lokal

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah sedang membangun ekosistem industri teknologi lokal, sehingga dampak yang dihasilkan akan menjadi ‘senjata’ untuk melawan gempuran perusahaan teknologi asing. Demikian pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Ia bahkan memberi isyarat pemain e-commerce lokal untuk tidak takut menghadapi kekuatan e-commerce asing. Dia menuturkan bahwa pemerintah

“Kita punya program 1.000 startup dalam lima tahun. Akan ada 200 startup (berkualitas) yang lahir setiap tahunnya. Itu bentuk dukungan (pemerintah) dan gerakan nasional,” Rudiantara, belum lama ini di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta.

Dia juga menampik proses pembelian Lazada oleh Alibaba akan semakin menciutkan nyali pemain e-commerce lokal. “E-commerce lokal siapa bilang mati? Kita bisa bersaing,” kata pria, yang disapa Chief RA ini.

Sebelumnya Alibaba telah mengakuisisi Lazada dengan membeli sahamnya sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp13 triliun. Pembelian tersebut guna memberi jalur bagi Alibaba menguasai pasar e-commerce Asia Tenggara yang sudah dijalankan Lazada.

Sesungguhnya di pasar Asia Tenggara, Indonesia menjadi primadona bagi perusahaan teknologi global. Bahkan, disebut-sebut Indonesia akan menjadi ‘raja’ soal transaksi perdagangan di Asia selatan, yang akan bersanding dengan Tiongkok sebagai raja di Asia utara.

 

STEVY WIDIA