Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Bagi e-Commerce

Pengepakan dan pengiriman pesanan di gudang Amazon. (Foto : istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah sedang mendorong perkembangan ekonomi digital. Untuk itu, tak lama lagi aka nada peraturan presiden mengenai ekonomi digital terutama e-commerce.

“Iya nanti ke-14. Iya nanti kalau sudah disiapkan, perpresnya sedang kami persiapkan, perpres untuk e-commerce.E-commerce dan ekonomi digital secara keseluruhan. Jadi sekarang sedang dipersiapkan perpresnya. Tapi kita enggak umumkan agar menjadi paket,” ungkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung usai Rapat Terbatas mengenai Pengembangan Ekonomi Digital, yang dilansir laman setkab, Selasa (27/9/2016) di Jakarta.

Sementara itu, pada kesempatan berbeda Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, sedikitnya ada 31 insiatif yang masuk dalam Perpres dan berkaitan dengan ekonomi digital. Dan Sekretaris Kabinet akan membantu menyampaikan kepada menteri terkait guna memantapkan konsep.

“Utamanya ada 7 isu, sumber daya manusia dan pendidikan, pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, keamanan cyber, logistik, dan infrastruktur komunikasi. Tujuh itu isunya, ada 31 inisiatif,” jelas Rudi.

Rudi memastikan, deregulasi terus dilakukan sambil menunggu perpres ekonomi digital ditandatangani. Diharapkan, pengembangan e-commerce segera selesai sehingga target penerimaan 2018 bisa terpenuhi.

“Harus selesai pertengahan 2018 untuk mengejar target US$ 130 miliar di 2020,” pungkas dia.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY