Pembayaran Digital Lewat QR

YOUNGSTERS.id - Digitan Money (Dimo) Pay Indonesia meluncurkan solusi pembayaran digital pay by QR, yaitu pembayaran melalui pemindaian kode QR. Ini merupakan alternatif pembayaran baru yang diintegrasikan dengan layanan mobile banking maupun aplikasi uang elektronik.

Kepala bagian Teknologi dan Operasi Dimo, Ariawan, mengatakan, Pay by QR ini dapat digunakan oleh sumber dana manapun (bank, telko, e-wallet), pengguna smartphone dengan brand dan merchant apapun. Para merchant, lanjut dia, bisa melakukan penagihan dengan menampikan QR code melalui print out pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sudah ada, monitor komputer, sticker tempel, maupun langsung pada monitor smartphone.

“Meskipun memang beberapa masih perlu diintegrasikan, tapi kami optimis Pay by QR ini akan bisa optimal digunakan pada tahun ini,” ujar Ariawan di Jakarta, Kamis (3/3).

CEO Dimo, Brata Rafly, menambahkan, didukung meningkatnya penetrasi smartphone yang mencapai 128 persen pada akhir 2015, membuat Dimo optimis akan peluang pertumbuhan penggunaan Pay by QR.

“Pay by QR memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan transaksi pembayaran dengan aman, cepat, dan mudah hanya dengan menggunakan satu layanan aplikasi yang diberikan oleh Dimo,” kata Brata.

Selain itu, lanjutnya, sistem yang diberikan Pay by QR dapat menekan waktu penyediaan layanan keuangan yang sebelumnya harus ditanggung, baik penyedia maupun pengguna layanan.

“Dalam hal ini, secara tak langsung juga mendukung program pemerintah dalam cashless society yang dicanangkan melalui Bank Indonesia,” tambahnya.

 

STEVY WIDIA