Pelatihan Penggunaan Nama Domain ID Digelar di Yogyakarta

Pelatihan Manajemen Website Program Satu Juta Nama Domain yang digelar di Yogyakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pemerintah terus mendorong agar pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masuk ke bisnis online. Bisnis online diyakini memiliki potensi ekonomi yang besar. Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan Program Satu Juta Nama Domain di Yogyakarta.

“Kalau UMKM kita tidak memasuki bisnis online sejak dini, maka dalam jangka waktu dua tahun, bisnis UMKM menjadi kurang populer karena tren ke depan transaksi online akan semakin marak dan produk luar negeri bisa lebih popular jika UMKM tidak bersiap dari sekarang untuk Go Digital,” kata Direktur e-Business Azhar Hasyim dalam siaran pers Pelatihan Manajemen Website Program Satu Juta Nama Domain yang digelar di Yogyakarta baru-baru ini.

Azhar menjelaskan, kepercayaan merupakan salah satu kunci sukses bisnis online. Karena itu, dia menyebutkan, dengan menggunakan nama domain .id, maka pihak penjual dapat meningkatkan kredibilitas bisnisnya.

“Dengan memiliki nama domain, maka akan meningkatkan kepercayaan bagi pembeli. Hal ini karena pemerintah memberikan melalui domain Indonesia yaitu .id. Jika ada penipuan pasti akan ditemukan karena alamatnya jelas. Sehingga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kepercayaan,” kata Azharlagi.

Kominfo pertama kali mengumumkan rencana mereka terkait pembagian 1000 nama domain gratis pada akhir bulan Agustus lalu. Nama domain ini ditujukan untuk UMKM, sekolah, pesantren, dan komunitas dengan domain dan web hosting Indonesia.

Tujuan lain dari program ini adalah untuk memperbanyak jumlah konten positif di internet menggunakan server dalam negeri.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY