Pelatihan Kewirausahaan Bagi Anak Lembaga Pembinaan

Sr. Manager CSR and Communication XL Axiata Anita Avianty dan Kasubsi Pembinaan LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Bandung Roni Nuryadi S.Sos saat melihat hasil karya kerajinan daur ulang kertas koran anak anak LPKA saat penutupan Festival Anak LPKA di LPKA Sukamiskin, Bandung (Foto: XL/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Beberapa anggota XL Future Leaders Batch 3 Bandung menggelar kegiatan Festival Anak LPKA di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Sukamiskin Bandung. Festival ini berfokus pada memberikan inspirasi, motivasi, dan wawasan mengenai kewirausahaan di usia muda. 

Acara yang berlangsung pada Minggu (5/11) itu dihadiri dari 120 Anak LPKA Sukamiskin Bandung. Acara ini terdiri dari talkshow dan pameran hasil karya kewirausahaan bertema “Kreativitas dan Karakter sebagai Modal Awal Wirausaha”.

Acara Festival Anak LPKA ini dibuka dengan penampilan perkusi dan band anak-anak LPKA. Acara kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Kewirausahaan yang diisi oleh Anita Avianty, Sr. Manager CSR and Communication PT XL-Axiata, yang memberikan materi mengenai karakter yang dimiliki oleh seorang wirausahawan. Juga, Muhammad Salman Al-Farisy, Founder dan CEO dari Goolamedia, yang memberikan cerita-cerita inspiratif seputar pengalaman dan jatuh bangun dalam berbisnis. Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif seputar materi talkshow kewirausahaan.

Rupanya, Acara Festival Anak LPKA ini mendapat antusiasme dan keinginan anak-anak LPKA untuk berwirausaha yang sayangnya masih diliputi keraguan yang disebabkan oleh ketakutan terhadap stigma masyarakat. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi anak-anak tersebut untuk tetap berkarya dan berjuang memulai wirausaha.

Selain antusiasme dan keinginan anak-anak untuk berwirausaha tersebut, produk-produk yang ditampilkan oleh anak-anak LPKA di Festival Anak LPKA ini juga pantas mendapat perhatian. Produk-produk buatan tangan yang dibuat oleh anak-anak LPKA ini adalah produk yang amat potensial untuk menjadi produk layak jual bernilai seni. Produk-produk tersebut di antaranya, miniatur rumah dan otomotif dari lintingan koran, lukisan acrylic di atas kanvas, boneka dari tepung tapioka yang dijadikan malam (lilin).

”Melalui program XL Future Leaders, kami mendorong mahasiswa untuk selalu peduli dan menjadi pelopor dalam mencari solusi bagi problem sosial di sekitarnya, melalui  program bernama Social Innovation Project. Dengan pelatihan kreativitas dan kewirausahawan yang dilakukan peserta XL Future Leaders Batch 3 Bandung selama 3 bulan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kreativitas adik adik binaan LPKA Sukamiskin Bandung ini,” ujar Anita.

 

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

Leave a Reply