Pebisnis Digital Perlu Asuransi Siber

Cyber security isu yang sangat penting di era digital. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Tren bisnis yang terus bergeser ke arah digital memberikan tantangan keamanan yang lebih banyak.
Kondisi itu membuat pelaku bisnis harus mulai mengubah cara menjalankan bisnis saat ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan asuransi siber (cyber insurance).

Pemanfaatan komputasi awan, aplikasi, atau big data ternyata tak serta merta membuat segalanya lebih mudah. “Masalah keamanan terus berkembang sehingga perusahaan organisasi atau perusahaan harus mengubah dirinya. Salah satunya melalui cyber insurance,” kata Peter Sparkes Senior Director Cyber Security Services, Asia Pacific and Japan Symantec keterangan pers baru-baru ini di Jakarta.

Asuransi siber ini terbilang baru. Sparkes mengatakan masih perlu dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Ini karena kebutuhan masing-masing perusahaan berbeda, sehingga produk asuransi yang digunakan harus tepat sasaran ketika ada hal buruk terjadi.

“Dengan memanfaatkan asuransi siber, perusahaan dapat mencegah kerugian langsung maupun tidak langsung,”tuturnya. Kerugian langsung maksudnya adalah biaya yang dibutuhkan ketika serangan terjadi termasuk proses perbaikan. Sementara kerugian tidak langsung adalah hilangnya kepercayaaan konsumen karena adanya masalah.

Beberapa layanan yang disediakan di dalam asuransi siber antara lain adalah phising fraud, perbaikan reputasi, menghilangkan virus, mencari perangkat yang dicuri, termasuk konseling untuk perundungan online.

Sementara produk asuransi siber untuk pelaku perusahaan kecil termasuk di dalamnya adalah tanggung jawab setelah ada serangan, bantuan hukum, dan kemungkinan masalah finansial.

Adapun Symantec sendiri dalam bagian dari asuransi siber ini berperan untuk menanggulangi masalah setelah serangan terjadi. Symantec memiliki beberapa layanan kunci untuk menangani hal tersebut, seperti Incident Response Tabletop Exercises, Incident Response Planner Program Development, dan Advanced Threat Hunting.

“Melalui beragam layanan kunci tersebut, Symantec dapat memberi solusi ketika serangan terjadi maupun perencanaan respon saat itu termasuk ke depannya,” katanya.

FAHRUL ANWAR

NO COMMENTS

Leave a Reply