Paket Kebijakan Ekonomi XIII Dorong Industri E-Commerce

Presiden Jokowi di Pameran Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE) 2016 (Foto: Dok. Kemensetneg/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Paket kebijakan ekonomi XIII yang tengah dicanangkan pemerintah membawa iklim positif terhadap UKM, juga dapat memberikan kepastian bisnis bagi pelaku e-commerce. Bahkan diyakini dapat mendorong industri e-commerce dan mempercepat roda perekonomian di Indonesia.

Demikian diungkapkan Benedicto Haryono, Co-Founder KoinWorks. Dia optimistis target pemerintah terhadap transaksi e-commerce sebesar US$130 miliar pada 2020 dapat tercapai dengan mudah setelah muncul paket kebijakan ekonomi XIII yang rencananya mengatur sektor e-commerce dan perumahan.

“Saya yakin paket kebijakan ekonomi ini mampu mendorong sektor e-commerce dan melancarkan para e-commerce dalam mengembangkan bisnisnya,” ungkap Haryono, dalam keterangan pers baru-baru ini di Jakarta.

Dia berpandangan paket kebijakan tersebut selain akan membawa iklim positif terhadap UKM, juga dapat memberikan kepastian bisnis bagi pelaku e-commerce.

Menurut Co-Founder KoinWorks tersebut, selain paket kebijakan ekonomi XIII, ada dana repatriasi Tax Amnesty yang diakuinya mampu mendorong sektor e-commerce.

Benedicto mengatakan jika dana repatriasi sebesar Rp4.000 triliun masuk ke Indonesia, maka sektor e-commerce juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pinjaman kepada bank agar bisnisnya berkembang.

“Karena di Indonesia masih banyak kebutuhan finansial yang belum terlayani dengan baik dengan instansi yang ada sekarang. Tapi kami yakin dana repatriasi dapat membawa iklim yang positif untuk industri e-commerce,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar mempromosikan UKM hingga ke luar negeri. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, tahun ini tercatat ada sebanyak 57,9 juta UKM atau sekitar 23,2% dari total keseluruhan penduduk Indoensia. Selain itu, laporan Otoritas Jasa Keuangan juga menyebutkan kontribusi UKM terhadap Produk Domestik Bruto diperkirakan telah mencapai angka 58,92%.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution berencana mengeluarkan paket kebijakan ekonomi ke-XIII yang di antaranya berisi tentang perumahan dan roadmap e-commerce.

Paket kebijakan baru tersebut akan membahas berbagai langkah pengembangan e-commerce di Indonesia dan deregulasi di bidang pembangunan perumahan.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY