Orang Indonesia Lebih Suka Aplikasi Mobile

Berbagai aplikasi ada di perangkat mobile. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Orang Indonesia ternyata lebih sering menggunakan aplikasi mobile dibandingkan penggunaan web browser baik di perangkat mobile maupun PC. Aplikasi game, pesan instan dan Media Sosial yang terpopuler dipakai. Demikian hasil penelitian terkait perilaku konsumen Indonesia terhadap aplikasi mobile yang dilansir Baidu.


Berdasarkan hasil penelitian, Baidu dan GFK Indonesia mencatat orang Indonesia menghabiskan waktu 60 menit per hari untuk interaksi dengan aplikasi mobile. Aplikasi game sebesar 38 %, pesan instan sebesar 27 %  dan media sosial sebesar 19 %.

“Untuk riset kedua ini Baidu masih fokus di online, tapi lebih mendalam ke aplikasi, perilaku dan pola penggunaan pada konsumen. Riset ini juga diharapkan dapat membantu pelaku industri aplikasi mobile untuk lebih mengerti potensi di aplikasi mobile,” jelas Head of Marketing Baidu Indonesia, Iwan Setiawan Kamis (7/4/16), di Foundry 8 SCBD

Aplikasi lain yang juga digemari di Indonesia adalah aplikasi belanja online dengan persentase delapan persen, transportasi sebesar enam persen, buku dan aneka referensi sebesar enam persen, peta dan navigasi sebesar tiga persen, serta berita dan informasi sebesar tiga persen.

Riset ini dilakukan di lima kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang, serta diikuti oleh lebih dari 2.000 responden selama bulan Desember 2016.

 

STEVY WIDIA