Olimpiade Online Nasional Memperebutkan Piala Hasri Ainun Habibie

YOUNGSTERS.id - Orbit Digital bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Geschool kembali mengadakan Olimpiade Online Nasional 2016 Piala Hasri Ainun Habibie. Ini adalah kompetisi bidang studi secara online yang terbuka bagi siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia.

Mengusung semangat aktivitas edukasi melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi, event ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan memberikan wawasan luas serta kemampuan unjuk uji antar peserta di berbagai daerah

“Siswa Indonesia semakin akrab dengan media online yang multimedia, interaktif, dan komunal. Olimpiade Online adalah pendekatan edutainment yang berkualitas dan trendi untuk memacu prestasi dengan cara yang fun,” demikian disampaikan DR.Ing. Ilham Akbar Habibie, Chairman Orbit Digital dalam siaran pers baru-baru ini di Jakarta.

Ajang Olimpiade Online Nasional pertama kali digelar pada tahun 2013 yang diikuti 7000 peserta siswa-siswi SD, SMP, SMA sederajat dari 700 sekolah. Menurut Direktur Utama Orbit Digital Muhammad Andi Zaky mengatakan,  alasan lomba tersebut dilakukan secara online adalah “untuk mendorong pemanfaatan Internet secara positif.”

Event ini merupakan kompetisi antar tim yang terdiri dari 5 orang. Setiap anggota tim berkewajiban menyelesaikan setiap paket olimpiade yang nantinya skor mandiri akan diakumulasikan menjadi skor tim. Materi olimpiade merupakan paket soal yang telah disesuaikan dengan kisi-kisi Ujian Nasional dan dianggap layak untuk diujikan.

Olimpiade online akan dilangsungkan melalui 4 tahap sistem kompetisi, dimulai dari tahap kabupaten, provinsi, semifinal, dan final. Juara I, II, dan III di setiap jenjangnya akan dianugerahi “Piala Hasri Ainun Habibie” dan penganugerahan akan dilakukan oleh Bapak BJ Habibie, di Jakarta.

Dalam Pengerjaan paket olimpiade kali ini tidak hanya dapat diakses melalui laptop maupun komputer yang terhubung jaringan internet, namun dapat juga dikerjakan melalui Smartphone Android dengan aplikasi Geschool Learning Tryout. Aplikasi ini tersedia gratis di Playstore dan memang difungsikan sebagai media akses olimpiade online.

Pelaksanaan olimpiade online ini telah dimulai dari 11 Januari – 31 Maret 2016 melalui www.olimpiadeonline.orbitdigital.net. Atau www.geschool.net .

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

editor : Stevy Widia

1 COMMENT

LEAVE A REPLY