The NextDev Menggali Kreativitas Kawula Muda Kota Bandung

The NextDev Menggali Kreativitas Kawula Muda Kota Bandung (Foto: dok. Telkomsel/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kali ini Roadshow The NextDev menyambangi Kota Kembang Bandung. Bertempat di Universitas Maranatha Bandung, sekitar 200 anak muda kota Bandung dari berbagai kalangan khususnya mahasiswa menghadiri sosialisasi The NextDev 2016.

Acara yang terbuka untuk umum dan tanpa biaya ini diisi sejumlah agenda menarik, seperti “Startup Talk” yang menghadirkan Andreas Senjaya, CEO Badr Interactive, pada sesi berbagi pengetahuan berharga mengenai pengembangan startup dari pembicara maupun praktisi industri kreatif digital Indonesia. Sesi lainnya juga diisi berbagi pengalaman dari para finalis The NextDev 2015, serta “Rocket Pitching” yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk mempresentasikan produk startupnya selama tiga menit. Peserta juga akan mendapatkan e-certificate atas partisipasinya di acara Roadshow The NextDev 2016.

Peserta yang sudah mendaftarkan karya ide aplikasinya akan diikutkan dalam proses seleksi regional dan focus group discussion untuk mendapatkan 20 tim finalis yang akan berkompetisi di tingkat nasional. Pelatihan serta pendampingan secara intensif dari beberapa pakar akan didapatkan pesrta pada saat bootcamp guna mengembangkan technical maupun soft skills secara lebih mendalam, mulai dari teknik melakukan coding, marketing skills, hingga communications skills.

The NextDev dapat membantu menjaring ide kreatif dan solutif dari kalangan anak muda agar dapat menghasilkan karya yang bermanfaat untuk penguatan ekosistem Smart City. Terlebih, kini Pemerintah Kota Bandung dan sejumlah kota lainnya di wilayah Jawa Barat cukup serius menggarap penerapan teknologi sebagai salah satu solusi mengatasi masalah perkotaan di wilayahnya.

Dalam kompetisi The NextDev 2016, terdapat sembilan subtema yangmemiliki fokus tersendiri sebagai dasar pengembangan solusi. Kesembilan subtema yang bisa dipilih oleh peserta adalah agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Selain menciptakan karya yang akan bermanfaat bagi orang banyak, tiga tim terbaik juga akan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).

Tahun ini The NextDev hadir dengan konsep yang lebih menantang dengan tetap fokus pada pengembangan Smart City, dengan ruang lingkup yang lebih luas, yaitu kategori pengembangan aplikasi untuk rural atau pedesaan.

Persyaratan untuk bisa mengikuti kompetisi The NextDev tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim (maksimal tiga orang). Pendaftaran peserta dan informasi lebih lanjut mengenai The NextDev 2016 bisa didapatkan di www.thenextdev.id.

Bandung merupakan kota kedelapan yang mendapat kesempatan merasakan penyelenggaraan Roadshow The NextDev 2016 setelah Yogyakarta, Surabaya, Malang, Banyuwangi, Denpasar, dan Bogor. Roadshow yang berakhir pada Oktober 2016 ini berlanjut di Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, Ambon, Gorontalo, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Pontianak.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY