Motor Listrik ITS Siap Dikomersialisasikan

Protipe motor skutik GESITS buatan ITS dan Garansindo Inter Global (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Garansindo Electric Surabaya Scooter (Gesits) yakni motor listrik hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap dikomersilkan. Peluncurkan gesit dilakukan bekerja sama dengan PT Garansindo Surabaya. Peluncuran motor listrik guna mendukung hilirisasi hasil riset perguruan tinggi pada sektor industri.

“Hasil riset jangan berhenti pada publikasi, tapi harus masuk ke sektor industri dan dikomersialisasikan,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek dikti) Muhammad Nasir pada Peluncuran Gesits Senin, (7/11/2016) di Gedung BPPT, Jakarta.

Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) ini menyebutkan, produksi akan dimulai pada 2017 mendatang. Ia menyebutkan, pihaknya akan memberikan insentif kepada industri pemula berbasis teknologi dalam bentuk regulasi maupun dana.

Menurut Nasir, Gesits telah mendapat respons positif dari masyarakat. Terbukti dengan pemesanan sebanyak 25.000 unit. “Saya sangat mengapresiasi produk ini Kalau bukan kita yang menggunakan produk dalam negeri lalu siapa lagi?” ucapnya.

Sementara Executive Officer Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah mengatakan, kerja sama riset sepeda motor listrik didasari pada keinginan dan visi yang sama antara ITS dan Grasindo. “Jumlah penduduk, kekuatan ekonomi, dan besarnya pasar sepeda motor di Indonesia membuat kita harus berinovasi pada sektor transportasi,” kata dia.

Abdullah menjelaskan keunggulan Gesits didesain sesuai kebutuhan masyarakat modern, dan tidak mengeluarkan CO2 sehingga tidak mencemar lingkungan. Gesits juga menggunakan kapasitas baterai cukup besar sehingga memiliki daya jelajah jauh. Selain itu baterai Gesits memilliki daya 5 kW yang memungkinkan pengendara untuk memacu Gesits hingga 100 km per jam.

Keunggulan lainnya, baterai pada Gesits didesain dapat ditukar sehingga memudahkan saat charge di rumah atau kantor. Selain itu, motor listrik ini juga dilengkapi aplikasi monitoring menggunakan smartphone dengan operating system Android. “Motor listrik ini, pengisian bateri sangat simpel, bisa dicas dimana-mana,” katanya,

Mulai pertengahan 2017, Gesits mulai dipasarkan lewat PT Garansindo Surabaya.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY