Menperin Luncurkan Koperasi Industri Tanah Air Untuk IKM

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, (Foto: Kemenperin/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Kini hadir Koperasi Industri Tanah Air (KITA). Koperasi ini diharapkan dapat mempercepat perkembangan industri, terutama industri kecil dan menengah (IKM).

KITA merupakan hasil dari kerja sama tiga organisasi, yaitu Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI PII), Badan Kerja sama Penyelenggaraan Pendidikan Teknik Industri Seluruh Industri (BKSTI), dan Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri (ISTMI) melalui dialog di Komunitas Teknik Industri Nusantara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, KITA diharapkan dapat menjadi kekuatan yang bisa mempercepat pertumbuhan sektor industri, terutama IKM dengan menghimpun dan melibatkan masyarakat lapisan bawah dan menengah.
“Selain itu, dalam situasi persaingan usaha yang semakin ketat, diperlukan kecepatan, kreativitas, inovasi dan kerja sama seluruh pihak, sehingga produk hasil dalam negeri bisa diterima di pasar dunia,” kata Airlangga usai persemian KITA Senin (177/2017) di Jakarta.

Airlangga juga meminta adanya kerja sama dan partisipasi para akademisi dan masyarakat yang tergabung dalam organisasi profesi serta perguruan tinggi, perusahaan, maupun lembaga swasta lainnya dalam mengembangkan industri IKM.

Kemenperin, lanjutnya, memiliki beberapa program untuk memperkuat sektor industri Tanah Air, seperti penguatan SDM industri melalui pendidikan vokasi, pendalaman struktur industri, pengembangan IKM melalui digitalisasi, industri padat karya berorientasi ekspor, dan impelementasi industri 4.0.

STEVY WIDIA