Membangun Kewirausahaan di Kalangan Anak Muda

Temu Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Pengukuhan Forum Kewirausahaan Tingkat Provinsi Banten 2016 di Ratu Bidakara Hotel, Serang, Banten (10/3)

YOUNGSTERS.id - Faktor paling penting dalam pengembangan kewirausahaan pemuda adalah adanya kesadaran diri (awarness), spirit dan minat yang kuat dari dalam diri pemuda itu sendiri untuk menjadi seorang wirausahawan.

Demikian dikemukakan oleh Ponijian, Asdep Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada acara Temu Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Pengukuhan Forum Kewirausahaan Tingkat Provinsi Banten 2016 di Ratu Bidakara Hotel, Serang, Banten, Kamis (10/3/2016).

“Kementerian Pemuda dan Olahraga senantiasa berupaya untuk terus menerus menumbuh kembangkan kebijakan, koordinasi dan kerja sama┬ádengan stakeholders terkait. Mudah-mudahan melalui kegiatan temu wirausaha berprestasi dapat mengambil pelajaran bagi kalangan generasi muda dan dapat mengubah cara pandang dari pencari pekerjaan menjadi penciptaan lapangan pekerjaan,” kata Ponijan, dilansir dari laman Kemenpora.

Menurut Ponijan, melalui upaya kewirausahaan itu, bukan saja mengurangi angka pengangguran, tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja baru di kalangan pemuda. Pengaruhnya berimbas pada ketahanan ekonomi nasional.

Hal senada dikemukakan Kadispora Provinsi Banten Ali Fadhilah. Menurut Ali,┬áPemprov Banten terus berupaya mendorong pertumbuhan dunia usaha, khususnya bagi generasi muda. “Berbagai upaya dan fasilitasi telah dilakukan pemerintah untuk menumbukan jiwa entrepreneur. Stimulus pembiayaan bagi pelaku usaha muda juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan pelaku usaha muda. Bahkan, regulasi yang menjadi payung hukum juga sudah kita buat dalam bentuk Peraturan Gubernur, sehingga adik-adik yang akan mau atau sudah menjadi pelaku usaha tidak perlu ragu lagi,” urai Ali.

Disela-sela acara diadakan penandatanganan MoU antara Kadispora, dan Ketua Forum Wirausaha Muda dengan BJB (Bank Jabar Banten) Banten. Selesai penandatanganan dilanjutkan dengan Pengukuhan Forum Kewirausahaan Pemuda Provinsi Banten tahun 2016. Forum yang digagas oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, sekarang ini memiliki binaan pelaku wirausaha muda yang sudah mencapai 408 pelaku wirausaha muda dan setiap tahun dapat mengurangi pengangguran di Provinsi Banten.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA