Melalui Finhacks, BCA Dukung Pengembang Ciptakan Aplikasi Berbasis e-Wallet

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, bersama ketiga pemenang Financial Technology Hackathon (Finhacks) 2016. (Foto: Finhacks.id)

YOUNGSTERS.id - Dukung terciptanya berbagai inovasi aplikasi berbasis eWallet, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) gelar Financial Technology Hackathon (Finhacks) 2016. 

Pada ajang tersebut, telah terpilih tiga ide terbaik. Fariz Tadjoedin dengan aplikasi Chatbanking sebagai juara pertama, Ambisnis.com dengan aplikasi Guebayar sebagai juara kedua, dan Atom dengan aplikasi Instapay sebagai juara ketiga.

“Kami yakin para pemenang yang terpilih pada ajang kompetisi ini menghasilkan berbagai aplikasi terapan solusi keuangan yang akan memberikan sumbangsih pada kemajuan teknologi eWallet yang bermanfaat bagi nasabah. Inovasi para peserta ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan transaksi secara nyaman dan aman,” ujar Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, pada final Finhacks 2016 di Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Menurut Jahja, Finhacks merupakan salah satu wujud nyata perhatian BCA pada perkembangan dunia digital dalam industri perbankan dan keuangan. Melalui acara ini, BCA ingin merangsang ide, kreativitas, dan inovasi dari para pengembang atau masyarakat luas untuk menciptakan sistem pembayaran masa depan dengan cara berinteraksi dengan sistem BCA.

“Komitmen ini akan kami teruskan karena sejalan dengan misi perseroan yang ingin senantiasa hadir memenuhi kebutuhan nasabah di era e-commerce,” tambah Jahja.

Lebih lanjut, Jahja mengatakan, Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, media, komunitas TI, hingga pemain di bidang e-commerce untuk membangun inovasi sistem pembayaran digital di Indonesia.

Gagasan ini  muncul karena para pengembang mengaku kesulitan dalam berinteraksi dengan sistem pembayaran bank. Setahun kemudian, BCA mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para pengembang untuk berinteraksi dengan sistem BCA.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia