Media & Komunikasi Ditargetkan Tumbuh Double Digit 2018

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menargetkan pertumbuhan sektor media dan komunikasi di Indonesia double digit pada 2018. Saat ini sektor tersebut tumbuh single digit sekitar 8% per tahun.

Rudiantara mengatakan, saat ini, pertumbuhan sektor media dan komunikasi di dalam negeri Indonesia hanya kalah dengan perkembangan sektor jasa keuangan. “Jasa keuangan tumbuh berkisar 11-12%, serta media dan komunikasi sempat menyentuh 10%, tapi turun lagi dengan tetap high single digit. Dan yang jelas, (sektornya) sudah diminta menjadi double digit lagi,” ujar Menkominfo dalam Seminar Indonesia Naik Kelas Senin (7/11/2016) di Jakarta.

Target double digit, kata Rudiantara harus dijadikan motivasi bagi pelaku pada sektor tersebut untuk terus berkembang. Meskipun saat ini belum seperti yang diharapkan, perkembangan perekonomian Indonesia jauh lebih cepat daripada negara lainnya.

“Kalau dari sisi ekonomi, kan kita lihat bahwa kita itu tumbuh ya sekitar 5%. Apa itu naik kelas? Tergantung, kalau kita lihat lawannya yang sama-sama, mungkin tumbuhnya tidak lebih cepat dari Filipina,” katanya.

Menurut dia, saat ini, sistem informasi Indonesia mulai mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain di kawasan Asean. Sebelum diluncurkan teknologi 4G, Indonesia masih berada di posisi keempat di Asean di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Namun setelah diluncurkan teknologi 4G pada 2015, Indonesia kini telah naik kelas menjadi peringkat kedua di bawah Singapura.

Pemerintah pun kini memiliki program tahun 2019 seluruh kota dan kabupaten di Indonesia sudah memiliki akses broadband. Contohnya di daerah timur Indonesia, seperti Papua dan Ambon, yang masih harus membangun infrastruktur terlebih dahulu.

Pembangunan dan pengembangan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan turut mendukung Indonesia untuk naik kelas. “Perlahan, kita akan menuju ke sana. Jadi, naik kelasnya ada yang jangkanya tiga tahun, tiap tahun, tapi menumbuhkan rasa optimisme Indonesia akan tumbuh lebih baik dalam waktu yang kita harapkan,” ujarnya.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY