Mahasiswa UGM ini Ciptakan Aplikasi Pencari Jasa Kebutuhan Rumah Tangga

YOUNGSTERS.id - – Fenomena sulitnya mencari dan memperoleh jasa rumah tangga sehari-hari, rupanya menginspirasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Hardian Prakasa, untuk mengembangkan aplikasi TemuJasa. Aplikasi ini akan memudahkan pencari jasa kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti cleaning service, servis AC, sedot WC, renovasi, hingga pijat tradisional.

Tidak seperti penawaran jasa yang dilakukan di kebanyakan situs online dimana pengguna masih harus menghubungi satu per satu penyedia jasa secara terpisah. Dengan aplikasi ini pengguna cukup mencari jasa yang dimaksud dan dapat memilih berdasarkan rating, harga, dan lainnya.

“Lewat aplikasi yang tengah kami kembangkan ini, pencari jasa tidak perlu lagi repot-repot menelpon satu demi satu penyedia jasa, tetapi bisa langsung memperoleh berbagai layanan jasa dalam satu platform. Jadi lebih efisien dan tidak merepotkan,” ucap Hardian, seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (23/12/2015).

Untuk  mengembangkan aplikasi TemuJasa ini, Hardi dibantu kakaknya, Rheza Adipratama yang merupakan alumnus Teknik Industri UGM angkatan 2008.

Menurut Hardian, pengoperasian aplikasi ini cukup sederhana. Pengguna cukup mengakses aplikasi TemuJasa yang langsung menampilkan beraneka layanan jasa rumah tangga. Setelah memilih layanan yang diinginkan, pengguna tinggal memilih berdasarkan rating, lokasi, harga, dan lain sebagainya.

“Bisa order waktu dan hari pemakaian layanan jasanya. Misal ingin melakukan sedot WC hari Kamis, jam tiga sore. Maka penyedia jasa akan datang di waktu yang telah ditentukan,” jelas Hardian bersemangat.

Selain bermanfaat untuk memudahkan dalam pencarian jasa, pengguna juga bisa memberikan testimoni terhadap penyedia jasa. Rencananya, aplikasi yang sudah mengikuti berbagai ajang bergengsi ini akan dirilis pada awal 2016 di wilayah Yogyakarta dalam tahap awal. “Saat ini, kami perkuat dari sisi teknis dan memperbaiki tampilan serta memperkuat sisi bisnisnya dengan merekrut penyedia jasa,” tukas Hardian.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY