Mahasiswa Harus Berjiwa Pengusaha

Menteri Perindustrian Saleh Husin saat memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Cendana (Undana) (foto : Kemenperin.go.id)

YOUNGSTERS.id - Mahasiswa bukan lagi calon pencari kerja, tetapi  harus memiliki visi menciptakan lapangan pekerjaan. Karena itu mahasiswa diajak untuk memiliki jiwa pengusaha.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Saleh Husin saat memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Cendana (Undana) berjudul “Prospek Pengembangan Industri Daerah dan Kontribusi Perguruan Tinggi”.

“Saya punya keyakinan bahwa Undana ini berkeinginan untuk dapat menghasilkan tenaga–tenaga yang kompeten, profesional dan berjiwa wirausaha,” kata Saleh melalui siaran pers diterima di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, lanjut Saleh, para civitas akademika dapat berpartisipasi dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa, termasuk pembangunan daerah.

Perguruan tinggi bisa mengembangkan kewirausahaan para mahasiswa dengan menyediakan unit klinik wirausaha yang bekerja sama dengan asosiasi pengusaha dan organisasi ekonomi bisnis seperti Apindo, Kadin dan pusat-pusat studi.

Termasuk pula dengan Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin melalui unit pelaksana teknis, di mana penelitian Badan Riset dan Standardisasi Industri (Baristan) juga dapat dimanfaatkan.

“Saya yakin para mahasiswa kaya ide berwirausaha, mereka butuh didorong dan disemangati melalui diskusi, konsultasi dan pendampingan,” papar Saleh.

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Undana Prof Dr Fredik Benu dan Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Ditjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY