Lulusan Perguruan Tinggi Harus Berjiwa Wirausaha

YOUNGSTERS.id - – Persaingan dunia kerja kerap menghantui lulusan perguruan tinggi. Karena itu lulusan perguruan tinggi sejak dini dipersiapkan harus memiliki jiwa wirausaha. Seperti yang dilakukan Universitas Tarumanagar (Untar).  Roesdiman Soegiarso Rektor Untar, di kampus Untar,  mengatakan kampus perlu membekali para mahasiswanya jiwa kewirausahaan mengingat bahwa persaingan ini semakin ketat termasuk dalam menghadapi masayarakat ekonomi ASEAN.

“Kami perlu membekali lulusan Tarumanagara membekali dengan talenta yang idela dan baik dan yang pada terhadap dinamika tuntutan lokal maupun regional dan global supaya mampu bersaing,” ucap Roesdiman Soegiarso Rektor Untar, di kampus Untar, Jakarta, Kamis (21/1/2016) seperti dilansir Okezone.

“Kebanyakan alumnus Untar punya bisnis sendiri, mereka memilih menjadi entrepreneur ketimbang bekerja di pemerintahan,” ujar Roesdiman.

Dorongan untuk menjadi entrepreneur juga disampaikan oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, dalam kunjungannya ke Untar. Menurut dia, potensi entrepreneur di Indonesia cukup tinggi. Sehingga, tak menutup kemungkinan untuk menjalin kolaborasi dengan para entrepreneur dari Australia.

Pada kesempatan tersebut, Paul dan Tim Kedutaan Besar Australia menyempatkan diri berkeliling kampus untuk melihat-lihat beragam kegiatan mahasiswa, seperti melihat karya Tim Robotik, mengunjungi Knowledge Center, melihat video profile kampus di cinema room, serta melihat aktivitas mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) hingga melakukan siaran di Radio Untar.

STEVY WIDIA