Lonjakan Pemakaian Internet Operator Seluler Melonjak 100%

Mudik Lebaran 2016. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Pada masa mudik Lebaran kali ini, lonjakan lalu-lintas operator didominasi penggunaan data internet pada perangkat seluler. Akibatnya lalu lintas salah satu operaor selular melonjak hingga 100 %.

“Sejauh ini, lalu-lintas suara dan pesan singkat memang meningkat jika dibandingkan dengan hari biasa, tapi kenaikan lalu-lintas di semua operator didominasi dari pengguna data internet, terutama aplikasi video berbagi, yakni YouTube,” demikian diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, dilansir Antara Senin (4/6/2016) di Jakarta.

Menurut dia, pemakaian data internet ini, membuat lalu-lintas salah satu operator seluler melonjak hingga lebih dari 100 persen. Itu terjadi pada Senin siang. “Kami menemukan kepadatan jaringan di sejumlah titik kemacetan, tapi ini masih dalam batas toleransi,” kata dia.

Ia menjelaskan sebagian besar operator seluler telah mengantisipasi potensi kepadatan jaringan sejak pekan lalu, di sejumlah daerah yang diprediksi menjadi lokasi rawan kemacetan.

Selain memeriksa trafik, Rudiantara juga mengimbau para operator seluler memastikan para pemudik tidak kesulitan mendapatkan pulsa.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY