Lomba Online Nasional Menulis Dalam Bahasa Jawa

Pemenang lomba . Wiki Mrebawani, menulis dalam bahasa Jawa. (Foto: KR/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Bahasa daerah merupakan salah satu kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Untuk itu
lembaga nirlaba Wikipedia, Wikimedia Indonesia mengadakan lomba menulis bahasa Jawa oline tingkat nasional. Lomba bertajuk Wiki Mrebawani ini telah diadakan dari 1 Oktober 2015 hingga 15 September 2016.

Mahasiswa Kimia Universitas Gadjah Mada Teguh Budi menjadi juara I dengan menulis 150 artikel, juara II Adina Barata mahasiswa Universitas Sanata Dharma juga menulis 150 artikel dan juara III Ari Prayogi menulis 96 artikel.

Ketua Umum Wikimedia Indonesia, Biyanto Rebin, mengatakan, bahasa daerah merupakan salah satu kekayaan budaya yang seharusnya dilestarikan. Sayangnya, bahasa daerah seiring dianggap sepele dan tidak diperhatikan.

“Bahasa Jawa merupakan bahasa dengan penutur terbanyak yang tidak mempunya status resmi sehingga perkembangannya cukup memprihatinkan,” kata Biyanto dalam siaran pers baru-baru ini.

Kata Mrebawani memiliki arti memberikan daya dalam bahasa Jawa. Ia juga merupakan singkatan dari Mangreksa Basa Jawa Ian Mumpuni. Dalam bahasa Jawa, Mangreksa berarti memelihara sementara mumpuni berarti unggul. Kompetisi ini diikuti oleh 35 peserta dengan berbagai latar belakang. Dan menghasilkan 778 artikel dengan lebih dari 73 ribu kali suntingan.

Penilaian berdasar jumlah artikel, bahasa, rujukan dan gambar,” terang Koordinator proyek Wiki Mrebawani Cahyo Ramadhani.

Lomba berjenjang di Wikipedia Bahasa Jawa ini bekerjasama degnan Taman Budaya Yogyakarta. Sebelum lomba, pengguna aktif Wikipedia Bahasa Jawa dengan suntingan 5 buah per bulah hanya berkisar 4-6 orang. Sementara selama lomba, jumlah itu naik menjadi rata-rata 15 pengguna setiap bulan.

Selain untuk melestarikan budaya Jawa, Wikimedia juga ingin untuk mengajak para peserta untuk membuat komunitas dan bekerja sama.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY