Lenovo Gelar Siap Maju Youth Festival

Fransisca Maya Marketing Communications Lead Lenovo Indonesia dan 10 Finalis Lenovo Siap Maju Youth Festival. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Lenovo menggelar Siap Maju Youth Festival untuk memberi inspirasi kepada kaum muda mewujudkan mimpi mereka. Ajang ini untuk mewadahi generasi millenial (kaum muda dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun, khususnya pelajar/ mahasiswa dan first jobber di bidang kreatif.

“Ajang Siap Maju sudah mengalami evolusi. Dari awal hanya mengundang orang-orang yang menginspirasi lingkungan, kini berkembang mencoba mewadahi komunitas yang lebih besar sehingga mereka punya wadah untuk menampung kreativitas mereka,” kata Fransisca Maya Marketing Communications Lead Lenovo Indonesia Sabtu (20/8/2016) di Jakarta.

Menurut dia, pada saat program dibuat, Lenovo hanya mengundang orang-orang yang sudah dianggap menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitarnya. Mereka memperkenalkan karya-karya yang telah dihasilkan dan ternyata mereka sudah punya fans tersendiri.

“Setelah berjalan, kami menangkap sesuatu. Ternyata anak-anak mudah yang bisa menjadi inspirasi ini tidak hanya berjumlah 10 atau 20 orang saja. Di luar sana, ternyata banyak sekali. Mereka punya pekerjaan dan aktivitas yang luar biasa dan sangat menginspirasi. Tetapi mungkin belum banyak yang tahu atau hanya kalangan terbatas saja yang tahu,” papar wanita yang disapa Sisca itu.

Lenovo Siap Maju Youth Festival merupakan puncak dari rangkaian program Lenovo Siap Maju yang dibagi atas 2 tahap. Tahap pertama program Siap Maju dilaksanakan pada akhir 2015 di 6 ibukota propinsi yaitu Manado, Bali, Banjarmasin, Pekanbaru, Jambi dan Padang.

Ajang Siap Maju Youth Festival merupakan puncak dari rangkaian progam Lenovo Siap Maju yang dibagi atas 2 tahap. Tahap pertama yang dilaksanakan di 6 ibukota propinsi yaitu di Manado, Bali, Banjarmasin, Pekanbaru, Jambi dan Padang akhir 2015 lalu.

“Kaum muda di Indonesia dikenal sangat paham teknologi, senang mencari pengalaman baru, senang bersosialisasi dan juga sangat dinamis. Mereka pada umumnya memiliki keinginan besar untuk maju dan mewujudkan impian mereka, tapi mereka terkadang tidak tahu bagaimana memulai dan apa yang mereka butuhkan untuk mewujudkan impian tersebut, apalagi anak muda di sejumlah ibukota propinsi di Indonesia,” tambah Sisca.

Pada tahap yang kedua, Lenovo menggelar campus roadshow di 5 ibukota propinsi yaitu ITB Bandung, UGM Yogyakarta, UNAIR Surabaya, UNHAS Makassar, dan USU Medan sepanjang bulan Februari hingga Maret 2016.

Kini 10 finalis telah terpilih di ajang ini dan akan mempresentasikan kegiatan inspiratifnya, serta mendapatkan sesi mentoring dari paraahli digital branding, Lenovo dan Intel.

“Tidak hanya mewadahi kami ingin memberikan sedikit bekal yang sulit didapat di tempat lain, seperti mentoring class, dan membantu mempublikasikan karya mereka sehingga bisa lebih dikenal dan lebih menginspirasi kalangan yang lebih luas,” tambah Maya.

Sementara itu Hermawan Sutanto Sales Director Intel Indonesia menilai generasi milenial di Indonesia dianggap sudah fasih dengan teknologi. Tapi dia berharap teknologi itu tidak hanya bersifat konsumtif, seperti nonton YouTube atau film saja.

“Kalau dilihat venture capital atau pemodal itu hanya mau investasi kalau bisnis start up-nya bagus dan dipakai banyak orang. Nah bagaimana supaya pasarnya besar, ya harus ada banyak orang yang mau pakai. Di ajang seperti inilah, kita bisa mengekspose para inspirator muda supaya mereka bisa mendapat pasar yang lebih besar,” kata Hermawan.

Selain memberikan workshop bersama inspirator muda, Lenovo juga menggelar berbagai aktivitas seperti berbagai aktivitas yang dapat menginspirasi kaum muda seperti Lenovo Inspiration Class, Community Corner,Weekend Workshop, Youth Lounge, dan Lenovo Inspiration Gallery.

 

STEVY WIDIA