Lenovo Bentuk Tim Khusus Untuk UKM

Lenovo gelar Technology Day 2016 Vol. II. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) semakin dilirik industri korporat. Bahkan UKM merupakan peluang yang serius dilirik Lenovo Indonesia. Dalam strategi untuk industri korporat di tahun 2017 Lenovo Indonesia akan membentuk tim khusus untuk UKM.

Jika membandingkan dengan perusahaan besar, Cin menyebutkan, kontribusi UKM untuk Lenovo pertumbuhannya mencapai 45 %. “Ini karena mereka menghasilkan kontribusi yang rata-rata kecil, tetapi secara jumlah unit, mereka lebih banyak dari perusahaan besar,” Commercial Lead Lenovo Indonesia, Cin Cin Go dalam keterangan pers baru-baru ini.

Ketimbang langsung menawarkan produk, Lenovo menyebutkan pihaknya lebih ingin menekankan kepada edukasi. Para pemain UKM ini paham maksud dari transformasi digital, tetapi sebagian ada yang belum memahami seberapa jauh perubahan yang harus mereka lakukan untuk terjun di ranah digital.

“Untuk segmen UKM, kami membentuk tim khusus,” katanya.
Salah satu langkah Lenovo dalam memberikan edukasi ini adalah dengan mengadakan roadshow ke beberapa kota. Biasanya, roadshow ini tidak murni diselenggarakan Lenovo. Mereka lebih memlih menggandeng partner lokal yang lebih paham akan kondisi pasar.

Strategi lain yang dijalankan Lenovo untuk mendukung UKM ini adalah dengan menggandeng software house untuk pengembangan layanan manajemen khusus. Layanan ini nantinya dapat terintegrasi dengan produk server x86 milik Lenovo. Kriteria dan kondisi layanan ini bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

“Respons UKM ini cukup baik, dan ternyata tidak terpaku pada satu kota besar. Selain Jakarta, ada juga yang dari Surabaya, Medan, dan Bandung.”

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY