Lazada Janji Bawa Produk UKM Indonesia Mendunia

Lazada gandeng UKM Indonesia.(Foto: mobitekno/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Indonesia memiliki banyak karya industri kreatif terutama di bidang fesyen dan kerajinan tangan. Kemampuan ini mendapat dukungan dari Lazada lewat kampanye “Buatan Indonesia: Dari Indonesia untuk Dunia”. Lewat ini, produk Indonesia dijanjikan dapat memasuki pasar luar negeri.

Dalam kampanye yang diadakan pada tanggal 12-17 Agustus mendatang, Lazada Indonesia akan mempromosikan 12 merchant atau penjual yang memproduksi barangnya sendiri. Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan kesempatan untuk menjual produknya ke luar negeri oleh Lazada.

“Karena Indonesia memiliki banyak produsen barang, terutama di bidang fesyen dan kerajinan tangan,” kata Florian Holm Co-CEO Lazada Indonesia dalam siaran pers baru-baru ini.

Menurut dia, tujuan Lazada Indonesia untuk membantu penjual Indonesia, untuk para merchant agar berkembang dan menjual barang-barangnya ke luar negeri . Saat ini baru untuk pasar Lazada di Malaysia “Kami ingin membantu merchant tumbuh. Kami hanyalah platform yang mempertemukan konsumen dan penjual. Jika penjual tidak berkembang, kami juga tidak akan berkembang,” jelas Florian.

Florian menjelaskan, alasan Lazada memilih untuk menjual produk Indonesia ke Malaysia sebagai pilot project atau proyek percobaan adalah karena Malaysia dianggap sebagai negara yang paling dekat dan memiliki karakteristik pasar yang serupa dengan Indonesia.

Salah satu masalah yang dihadapi dalam proyek ini adalah menekan ongkos kirim agar harga barang Indonesia tidak menjadi terlalu mahal. Namun, Florian menganggap, Malaysia justru lebih dekat dari beberapa kawasan Indonesia.

Saat ini, sistem yang digunakan adalah sistem ritel. Jadi, Lazada Malaysia yang akan membeli ribuan produk yang dianggap menarik dari penjual Indonesia dan menjualnya di pasar Malaysia. Dengan begitu, saat barang dijual, barang itu sudah ada di gudang Lazada Malaysia. Hal ini akan memotong waktu pengiriman barang.

Ssaat ini terdapat 5 merchant asal Indonesia yang produknya dijual di pasar Malaysia. Saat ditanya karakteristik dari penjual yang mendapatkan kesempatan untuk menjual produknya di Lazada Malaysia, Florian menjawab, “Kualitas yang baik. Kami memilih produk yang mendapatkan review yang positif. Setelah kami mengetahui lebih dalam tentang pasar yang ada, kami akan menyediakan lebih banyak produk lagi.”

Lazada sendiri telah beroperasi di 6 negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, penjual Indonesia menjadi merchant pertama yang mendapatkan kesempatan untuk menjual produknya di luar negeri. Florian menyebutkan, Lazada berencana untuk membuka akses ke negara-negara lain jika proyek percobaan ini sukses.

STEVY WIDIA