Layanan PayByQR Permudah Transaksi UKM

Pay by QR salah satu layanan mobile payment dari Dimo. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - DOKU sebagai penyedia solusi pembayaran elektronik, terus memberikan layanan yang mempermudah masyarakat melakukan pembayaran elektronik. Kali ini, bekerjasama dengan Dimo, DOKU meluncurkan sistem pembayaran PayByQR. Dengan ini masyarakat maupun pelaku UKM dapat melakukan transaksi non tunai dengan cepat dan mudah.

“Jadi dari pengalaman kami kehadiran PayByQR ini kami ingin memberikan kemudahan para pengguna secara aman dan cepat. Sistem ini terintegrasi dengan uang elektronik DOKU sehingga dapat langsung digunakan sebagai sumber dana atau berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) dalam transaksi,” kata Yolanda Nainggolan, SVP Public Relation & Marketing Doku saat dijumpai di acara peluncuran Layanan PayByQR di kawasan Kasablannca Jakarta Rabu (12/10/2016).

Menurut Yolanda, sistem pembayaran dengan kode QR ini sebenarnya adalah teknologi yang umum untuk pembayaran digital. Dengan begitu, kata dia menegaskan dengan adanya sistem pembayaran ini uang elektronik DOKU kini dapat digunakan di ribuan merchant offline bertanda khusus logo PayByQR. Sehingga pengguna uang elektronik DOKU punya lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi di merchant offline.

PayByQR yang ada di aplikasi DOKU, lanjut Yolanda, sangat mudah untuk dilakukan. Di sini pengguna hanya perlu membuka aplikasi DOKU, mengklik ikon Scan QR lalu mengarahkan kamera smartphone untuk memindai QR code yang ada di struk yang diberikan oleh kasir. Setelah itu, muncul layar konfirmasi lalu klik bayar, dan tinggal masukkan pin.

“Layanan dari Doku ini dihadirkan untuk mendukung kegiatan Gerakan Nasional Non Tunai yang menjadi program pemerintah dan Bank Indonesia,” ujar Yolanda.

Menurut Yolanda, pengguna aplikasi Doku yang mendapatkan lisensi e-money tahun 2012 saat ini sudah mencapai 1,3 juta pengguna. Dari jumlah tersebut, sekitar 30%-nya merupakan pengguna aktif bulanan. Sepanjang 2015, Doku juga telah berhasil mengelola dana transaksi online sebesar Rp 8,5 triliun, dan menargetkan pertumbuhan sebesar 30-40% tiap tahunnya.

Untuk mencapai target tersebut, Doku juga banyak melakukan kolaborasi dengan pemain fintech lainnya, salah satunya dengan Dimo dalam menghadirkan layanan PayByQR untuk mempermudah proses transaksi pembayaran.

“Dengan melakukan partnership, kita juga bisa semakin memperkuat layanan dan menambah lebih banyak merchant. Doku juga sudah bekerjasama dengan 15 bank untuk melayani keperluan top up saldo,” ujar Yolanda.

DOKU sebelumnya menyasar segmen koporasi dengan model bisnis B2B. Dengan nilai transaksi yang sudah dicapai DOKU menargetkan pertumbuhan 30-40% setiap tahunnya.

“Solusi pembayaran melalui pemindaian kode QR ini merupakan alternatif pembayaran baru yang lebih efisien, efektif, dan aman untuk masyarakat Indonesia,” kata CMO DOKU, Himelda Renuat.

 

FAHRUL ANWAR