Layanan Musik Streaming Berkembang Di Indonesia

Industri musik di Indonesia mulai berkembang di layanan streaming musik. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Evolusi cara menikmati musik kini memasuki tahap musik streaming. Jumlah konsumsi musik streaming secara global mencapai 3GB. Tren ini mulai berkembang juga di Indonesia.

“Kalau kita lihat streaming memang kunci saat ini, waktu itu mungkin masih banyak yang meragukan potensi pendapatannya, karena setiap negara berbeda-beda,” kata Revie Sylviana, Senior Vice President Digital Services Smartfren pada Rabu (23/11/2016) dalam peluncuran paket Music Unlimited Smartfren di Jakarta.

Revie menjelaskan bahwa 55% penikmat musik di Amerika Serikat mengakses musik streaming lewat smartphone. “Kalau di AS musik digital dianggap sangat membantu karena baru pertama kali sejak 1995 pendapatan musik digital di 2015 mengalahkan musik fisik,” sambung dia.

Pendapatan musik digital tersebut, menurut Revie, bukan hanya dari layanan streaming, namun juga termasuk pendapatan dari lagu yang di-download dan pendapatan iklan yang didapat dari aplikasi ataupun on site.

Saat ini, Revie mengatakan, jumlah konsumsi musik streaming secara global 3GB. “Mungkin di Indonesia belum, tapi kami melihat biasanya kecenderungannya kalau di luar negeri sedang tren orang Indonesia juga terinspirasi untuk tumbuh ke sana,” ujar dia.

Dia berpendapat demikian karena 93% orang di Indonesia mengakses musik lewat smartphone. “Dari 93% yang mengakses musik streaming melalui smartphone, 59% diantaranya telah menikmati musik streaming setiap hari. Jadi, sudah menjadi behavior, dan mereka menikmatinya saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti saat belajar di rumah atau rutinitas di rumah, ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup,” ungkap Revie.

Smartfren menjawab kebutuhan masyarakat yang aktif akses situs streaming. Paket internet Music Unlimited dirilis oleh Smartfren dengan kuota tanpa batas yang mungkinkan pelanggan mengakses situs streaming tanpa khawatir kehabisan kuota.

“Para pelanggan Smartfren yang berlangganan dapat menikmati streaming music secara unlimited mulai dari harian, mingguan, bulanan, yang sangat terjangkau,” kata VP Brand and Marcomm Smartfren, Derrick Surya.

Langkah Smartfren dalam meluncurkan layanan digital tersebut merupakan komitmen Smartfren mendukung industri musik di Indonesia. “Selain memperkenalkan 4G seluas-luasnya juga, kami juga mendukung langkah melawan pembajakAn karena paket musik ini luar biasa value-nya dan sangat terjangkau,” ujar Derrick.

“Saya berharap layanan paket musik dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan musik di indonesia sekaligus memberikan experience baru untuk mendengarkan musik,” lanjut dia.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

Leave a Reply