Kontes Nyanyi Via Aplikasi Berhadiah US$ 1 juta

Tulwe Global Music Contest, kontes menyanyi lewat aplikasi. (Foto: tulwe/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Perusahaan start-up Sillicon Valley bernama Tulwe Inc meluncurkan Tulwe Global Music Contest. Ini merupakan kontes menyanyi dengan menggunakan aplikasi lewat perangkat ponsel pintar. Hadianya mengiurkan, kontrak rkaman senilai US$ 1 juta.

Tulwe Global Music Contest adalah ajang kompetisi internasional melalui aplikasi smartphone yang bernama Tulwe. Aplikasi ini berinovasi menjadi sebuah media bagi siapa pun dan di mana pun, dengan koneksi internet dapat merekam dan mengunggah lagu yang mereka nyanyikan, tanpa mempedulikan lokasinya.

Berbeda dengan kontes adu bakat di TV seperti American Idol atau the Voice, ajang ini terbuka untuk semua orang. Termasuk untuk orang Indonesia dan negara berkembang lainnya. Karena untuk mengikuti kontes ini peserta cukup merekam penampilan mereka via smartphone.

“Ini berarti semua talenta Indonesia yang berada di daerah pelosok di seluruh 17.000 pulau Nusantara juga bisa berkesempatan menjadi selebriti internasional,” kata Dr. Anthony Karim Adam CEO Tulwe Inc dalam siaran persnya, Senin (17/10/2016) di Jakarta.

Pendiri Tulwe Inc itu percaya bahwa setiap orang dari negara mana pun berhak memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat menyanyi mereka dalam panggung internasional. Menurut Anthony, berbagai kompetisi di AS dan Eropa saat ini masih sulit sekali–atau bahkan tidak mungkin–diikuti oleh individu-individu di negara berkembang seperti Indonesia, meskipun mereka mempunyai bakat yang luar biasa.

“Disinilah Tulwe menjembatani halangan tersebut,” ujar Dr. Anthony. “Antarmuka yang sederhana memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengunggah hasil karya mereka secara nyaman dari rumah atau di mana pun dan dinilai oleh pendengar dalam skala internasional.

Fokus dari model bisnis Tulwe adalah mendorong jumlah unduhan aplikasi dan memicu aktivitas pengguna melalui rekaman nyanyian dan kegiatan voting. Menyadari kesulitan yang dialami para individu berbakat di berbagai negara berkembang, CEO Tulwe menerapkan strategi unik yang menitik-beratkan pemasaran pada aplikasi.

Dengan memberdayakan model terbaru dari perusahaan smartphone seperti Apple, Huawei, dan Samsung untuk merekam penampilan para pemenang, perusahaan dapat memamerkan produk mereka yang telah berjasa menghasilkan seorang bintang baru.

Dr. Anthony yakin ini bisa menjadi insentif besar bagi perusahaan smartphone untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan Tulwe Global Music Contest. Setiap rekaman akan dinilai oleh seluruh pengguna dengan cara voting. Pemenang kontes akan menandatangani kontrak rekaman senilai US$ 1 juta dolar AS. Selain itu seluruh kontestan yang berhasil mendapat voting dalam jumlah banyaka kan mendapat tawaran rekaman lainnya.

Selama masa promosi, aplikasi juga mengadakan penganugerahan beasiswa kepada ribuan siswa dan mahasiswa yang menggunakan aplikasi. Kebijakan Tulwe Global Iniative, badan penanggung jawab sosial dari Tulwe Inc, akan memberikan beasiswa kepada siswa yang aktif terlibat dalam konten video di aplikasi.

Kontes ini juga memberikan beberapa tiket barisan depan kepada pengguna untuk menghadiri peluncuran produk bulan November di Kapal Pesiar Desert Rose di Dubai dengan penampilan musik spektakuler dari artis multi-platinum Akon yang akan mendongkrak jumlah unduhan dan pengguna aktif.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY