Kompetisi Dorong Pertumbuhan SDM Industri Digital

Achmad Zacky CEO Bukalapak. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - – Kunci industri digital adalah sumber daya manusia (SDM). Namun jumlah SDM  yang ada masih berbanding terbalik dengan jumlah teknologi yang semakin berkembang dan bertambah banyak. Ajang kompetisi menjadi salah satu upaya mendorong pertumbuhan SDM bagi industry digital.

Seperti Bukalapak.com yang  menggelar Programming Contest “Kami ingin mengajak para mahasiswa untuk menantang dirinya berkontribusi bagi dunia digital Indonesia serta membantu mengatasi kesenjangan digital nasional,” kata Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak.com, di Jakarta, dilansir Antara baru-baru ini.

Program ini mengajak para mahasiswa untuk menantang dirinya berkontribusi bagi dunia digital Indonesia serta membantu mengatasi kesenjangan digital nasional. Kompetisi ini sekaligus menguji para mahasiswa untuk menyelesaikan puzzle algoritma menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby, ataupun Python.

“Tujuan dari kompetisi ini adalah bagaimana kita bisa mendorong terciptanya sumber daya berkualitas yang mampu mengelola serta menumbuhkan teknologi di Indonesia,” ucap Achmad.

Sementara itu menurut  Fajrin Rasyid, CFO dan Co-Founder Bukalapak.com salah satu kekurangan di Indonesia adalah kurangnya ahli engineering. Engineering masih dalam tahap dini di Indonesia dan akan menjadi lebih baik ketika para mahasiswa melihat adanya masa depan yang baik di bidang teknologi.

“Kami percaya dunia digital Indonesia akan berkembang lebih kuat lagi. Mengingat rencana Indonesia Broadband Plan, kami yakin para calon Software Engineering mampu merubah ekosistem dunia digital Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ungkap Fajrin.

Pada tahap awal, kontes berhadiah Macbook Pro, iPhone 6S dan iPhone 6 tersebut diikuti oleh 50 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Diharapkan berikutnya akan dapat bekerja sama dengan universitas lain.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY