Kominfo dan HIPMI Kembangkan Internet Cepat

Menkominfo memaparkan proyek Palapa Ring (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara ingin mengembangkan internet cepat di seluruh Indonesia, termasuk kawasan pelosok. Untuk itu, pihaknya merasa perlu bekerja sama dengan pengusaha daerah di bawah naungan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Hal itu karena HIPMI memiliki jaringan dari pusat sampai daerah sehingga dapat menjadi mitra Kominfo di banyak tempat.

“HIPMI dapat menjadi kontraktor dari proyek internet cepat di berbagai daerah. Terkait hal itu, Kominfo telah menganggarkan dana untuk pengembangan internet daerah. Nantinya perlu sinergi dua pihak untuk mewujudkan pemerataan internet di Indonesia,” kata Rudiantara dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/10/2016), di jakarta

Lebih lanjut Menkominfo mengatakan, pola pembangunan pemerintah saat ini berubah dari Jakarta atau Jawa sentris menjadi industri sentris. Saat ini 514 kabupaten/kota di seluruh indonesia baru 400 kabupaten/kota telah terhubung dengan broadband atau internet kecepatan tinggi. Dia mengatakan daerah-daerah yang belum menguntungkan secara keuangan seperti kawasan Talaud, Natuna dan pulau-pulau terluar Indonesia belum bisa menikmati akses broadband.

Atas kenyataan itu, pemerintah menargetkan pada 2019 mendatang seluruh wilayah Indonesia sudah terhubung broadband dalam skema “Palapa Ring Project”. Ini merupakan bentuk kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) pertama dalam sektor telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran “availability payment” atau pembayaran atas ketersediaan layanan.

“Palapa Ring Project” terdiri atas tiga paket yaitu Paket Tengah yang menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, hingga kepulauan Sangihe Talaud. Paket Barat mencakup Riau sampai dengan Pulau Natuna dan Paket Timur fokus pada wilayah Papua.

Untuk mendorong percepatan pembangunan jaringann komunikasi, Menkominfo bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Secara teknis, kata Rudiantara, setiap Kementerian PUPR membangun jalan di suatu wilayah di ibu kota/kabupaten maka di sebelahnya Kominfo akan membangun dua kavling untuk fiber optik yang bisa digunakan untuk jaringan internet broadband.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY