Kominfo Berkomitmen Kembangkan e-Commerce

YOUNGSTERS.id - – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kembali menegaskan komitmen untuk mendorong perkembangan e-Commerce di Indonesia. Pernyataan Kominfo itu mengemuka dalam Diskusi Terbuka @5minutes for e-Commerce 2016 di Jakarta.

“Nantinya usaha e-Commerce hanya cukup daftar atau akreditasi saja. Tidak perlu sampai sertifikasi, kita dorong asosiasi yang melakukan itu,” tegas Rudiantara, seperti dilansir laman Kominfo.

Pangsa pasar penggunaan internet terbesar di Indonesia saat ini salah satunya adalah sektor e-commerce. Banyak startup yang berkembang di sektor itu mendorong Kominfo menggagas Program 1000 Technopreneur. “Kita ingin ada 1000 startup pada 2019. Banyak aktifitas di Indonesia tapi pecah-pecah. Itulah yang akan kita konsolidasikan juga agar further action-nya hadir,” kata Rudiantara.

Selama tahun 2015 e-Commerce telah mendapatkan perhatian investor dari luar negeri. Oleh karena itu, Kominfo berupaya menyiapkan ekosistem agar e-Commerce dapat lebih berkembang.  Beberapa hal yang disiapkan, seperti jaringan broadband sampai ke pedesaan yang akan sangat membantu, jaringan supply dan delivery dari kota besar ke kawasan timur seperti Papua dan perlakuan dalam hal pajak.

Diskusi terbuka @5minutes for E-Commerce 2016 merupakan pertemuan awal sebelum Pagelaran Indonesia e-Commerce Summit and Expo 2016 (IESE) bertajuk Transforming Towards Indonesia Digital Economy yang akan diselenggarakan idEA (Asosiasi e-CommerceIndonesia) pada April mendatang. Turut diundang dalam diskusi ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perdagangan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Dirjen Pajak dan juga mitra idEA.

Diskusi terbuka tersebut ditujukan untuk merefleksikan lanskap industri e-commerce Indonesia di tahun 2015, sekaligus menajamkan visi bersama untuk menentukan arah e-Commerce Indonesia tahun 2016. Acara ini merupakan rangkaian insiatif dari keberhasilan Kementerian Kominfo mengalakkan EXPO e-Commerce pada Agustus 2015 lalu dan kemudian dilanjutkan IESE Indonesia e-CommerceSummit & Expo 2016.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY