Kolaborasi Startup Bikin Program EKA BIMA

YOUNGSTERS.id - – Program EKA BIMA (Edukasi Bangun Indonesia Maju) yang diinisiasi IDCloudHost dan Leap Up memberikan website gratis yang siap digunakan kepada sekolah-sekolah. Program ini sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia dari pelaku bisnis rintisan digital (startup).

Dengan adanya program EKA BIMA ini, maka para guru, siswa, dan orang tua dapat mengakses informasi terkait aktivitas belajar mengajar kapan saja dan di mana saja.

Program EKA BIMA memberikan empat layanan utama, yaitu pemberian domain .sch.id selama satu tahun, layanan hosting selama enam bulan, website yang siap digunakan, serta pelatihan Google Apps for Education yang dapat diterapkan oleh sekolah.

Oleh karena itu, EKA BIMA juga berkolaborasi dengan Google Educator Group West Jakarta untuk memberikan pelatihan terkait penggunaan Google Apps for Education di sekolah. Dengan begitu, para guru dan murid yang ada di sekolah dapat memaksimalkan penggunaan teknologi cloud computing ini guna meningkatkan efektivitas serta efisiensi kegiatan belajar mengajar.

“Website merupakan media yang baik sebagai sumber informasi bagi para calon siswa dan orang tua mengenai sekolah di era teknologi saat ini.Website juga dapat menjadi mediator bagi siswa dan guru, sehingga proses pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu,” ujar pihak EKA BIMA dalam keterangannya.

Pembuatan website untuk sekolah-sekolah ini juga diharapkan semua stakeholder akan semakin terbantu dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah.

Misalnya, guru dapat mengunggah materi pelajaran ke website yang bisa diakses secara langsung oleh siswa di mana pun mereka berada. Hal yang sama juga dapat diterapkan pada informasi mengenai kegiatan belajar mengajar, seperti kalender akademik dan jadwal ujian. Manfaat ini tentu dapat memberikan dampak yang positif untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Sekolah yang ingin mengikuti program ini bisa langsung mendaftar dan melihat syarat dan ketentuannya di situs resmi EKA BIMA. Program ini memiliki beberapa periode dan pendaftaran, periode pertama akan berakhir pada tanggal 29 Februari 2016 mendatang.

 

ANGGIE AJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA