Kid Witness News, Kompetisi Karya Unik Penulis Muda

KWN Global Contest 2015 Awards Ceremony in Singapore. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - PT Panasonic Gobel Indonesia selenggarakan Kid Witness News (KWN) ke-13 kali. Program kompetisi ini ingin menjaring para penulis muda berbakat di Indonesia. Selain untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM), program ini ditujukan untuk meningkatkan kepedulian anak-anak muda terhadap kehidupan di sekitar.

“Di tengah kemajuan teknologi yang ada, anak muda Indonesia dapat bercerita melaluinaskah pendek yang pada akhirnya akan dibimbing dan diikutsertakan dalam kompetisi pembuatan video. Program KWN ini telah konsisten dilaksanakan sejak 28 tahun lalu secara global dan saat ini dipromosikan di lebih dari 13negara,” jelas Viya Arsawireja, Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia dalam siaran persnya.

Pada tahun ini PT Panasonic Gobel Indonesia bekerjasama dengan salah satu sekolah tinggi ilmu komunikasi terkemuka di Indonesia, London School Public Relation (LSPR) untuk mendukung berlangsungnya progam ini. Tema tahun ini adalah “Uniknya Duniaku” . Para peserta dapat menuliskan berbagai keunikan dari sekitar terkait dengan ekologi, komunikasi atau olahraga.

Kompetisi ini mengikutsertakan siswa dan siswiberusia 10 – 15 tahun dengan jumlah 2 – 10 anggota dalam satu tim dari sekolah yang sama,untuk menuangkan kreativitasnya melalui penulisan naskah pendek berdurasi 5 menit. Naskah pendek dapat berupa skenario, storyline atau storyboard untuk jenis tayangan reportase, drama, atau dokumenter.

10 jalan cerita terbaik akan dibekali olehcamcorder dari Panasonic dan mendapatkan pelatihan dari para akademisi serta praktisi profesional perfilman Indonesia untuk diikutsertakan pada kompetisi tahap selanjutnya, yaitu pembuatan video. Selanjutnya, 3 pemenang video terbaik tingkat nasional akan mengikuti kompetisi KWN tingkat internasional.

Adapun program yang akan dilakukan dalam acara ini berupa roadshow selama dua minggu mulai dari 5 Oktober – 19 Oktober 2016 ke beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk secara langsung memperkenalkan konsep kompetisi ini. Ada 50 sekolah yang berada di areaJakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) juga Bandung yang berkesempatan mengikuti pelatihan ini.

Kemudian, akan dipilih 10 finalis untuk mengikuti KWN Workshop pada Desember 2016 mendatang.
Masing-masing sekolah finalis yang terpilih akan mendapatkan hadiah berupa 1 unit camcorder Panasonic. Pengumuman 3 pemenang nasional terbaik akan dilaksanakan pada Januari 2017.

Pemenang pertama akan diikutsertakan dalam kompetisi KWN tingkat internasional. Proses penilaian KWN ini dilakukan secara komperhensif dan profesional. Penjurian akan dilakukan oleh Panasonic Gobel Indonesia,Yayasan Matsutita Gobel, London School Public Relation (LSPR) dan juga Video Director Anggy Umbara.

”Karya terbaik dari pemenang KWN 2016 akan menjadi representasi dari kreativitas anak bangsadi tingkat internasional. Sudah saatnya generasi muda bersuara dan menyalurkan potensi mereka melalui berbagai wadah yang ada, termasuk naskah pendek yang nantinya akan dikemas melalui video yang kreatif,” tutup Viya Arsawireja.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY