Kerjasama XL dan Protelindo Untuk Industri Telekomunikasi Yang Sehat

(ki-ka) Aming Santoso Direktur Utama Protelindo, Menkominfo Rudiantara, dan Dian Siswarini Presiden Direktur dan CEO XL. (Foto : Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - PT XL Axiata Tbk (XL) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) bekerjasama untuk mendukungan upaya penyehatan industri telekomunikasi nasional.

Kedua pihak sebelumnya telah menandatangani Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement atau APA) pada 28 Maret 2016 lalu. Aset yang dimaksud berupa menara telekomunikasi. Saat ini, proses terkait pembelian menara tersebut hampir rampung.

Perjanjian kerjasama yang telah kami lakukan tersebut kini akan segera rampung. Saya berharap, selain akan menyehatkan XL secara finansial, kerjasama ini juga akan memberikan kontribusi kepada penyehatan industri telekomunikasi. Menara yang dibeli oleh Protelindo selanjutnya bisa disewakan lagi kepada operator lainnya sehingga efisiensi bisa didapatkan pula oleh operator lainnya, papar Dian Siswarini Presiden Direktur dan CEO XL, Rabu (29/6/2016) di Grha XL, Jakarta.

Hal senada juga disampaikan Aming Santoso Direktur Utama Protelindo. Kami berharap untuk dapat terus melanjutkan kerjasama jangka panjang yang produktif dengan XL dan kami juga berharap untuk dapat mendukung XL memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya secara berkelanjutan, ucap Aming di kesempatan yang sama.

Upaya ini disambut baik Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara. Kami mendukung upaya untuk mengimplementasikan bradband seluas-luasnya dan membuat industri ini efisien dari waktu ke waktu, ucapnya. Dia menambahkan ini merupakan antisipasi perubahan model bisnis masa depan mengingat pertumbuhan media dan telekomunikasi sebesar 8% di kwartal III tahun 2016.

Sebelumnya Protelindo merupakan perusahaan penyedia menara independen terkemuka. Perusahaan ini memenangkan proses tender yang diselenggarakan XL untuk penjualan 2.500 menara telekomunikasi, dengan nilai pembelian Rp. 3.568 miliar.

Bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian Pembelian Aset, XL dan Protelindo juga menandatangani Perjanjian Induk Sewa Menara dimana XL telah setuju untuk menyewa kembali 2.433 menara dari Protelindo untuk jangka waktu 10 tahun. XL juga mendapatkan persyaratan sewa yang kompetitif sebagai penyewa utama yang memberikan manfaat bagi XL berupa penghematan atas belanja modal dan biaya operasional perusahaan.

Menurut Dian, penjualan atas 2.500 menara ini kepada Protelindo merupakan kelanjutan strategi penggunaan aset perusahaan dan memberikan XL tambahan fleksibilitas untuk memaksimalkan posisi kompetitif XL guna mendukung strategi perusahaan. XL akan menggunakan dana hasil penjualan untuk mengoptimalkan neraca keuangan.

XL memiliki hubungan baik dengan Protelindo dan sangat menghargai kesempatan untuk bermitra dengan Protelindo secara jangka panjang. Transaksi ini juga menunjukkan kekuatan dan disiplin XL dalam melakukan transaksi strategis dan merupakan salah satu dari beberapa transaksi penting yang berhasil dilakukan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, tandas Dian.

 

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY