Kepolisian Sukabumi Buat Aplikasi Tombol Panik

Kepolisian Resor Sukabumi meluncurkan aplikasi Tombol Panik untuk panggilan darurat kejahatan. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTERS.id - Teknologi dapat memberikan keamanan. Bukan hanya keamanan siber, tetapi juga secara fisik. Seperti aplikasi Tombol Panik yang dikembangkan kepolisian Resor Sukabumi. Aplikasi ini menghadirkan solusi penanganan keamanan untuk masyarakat di area tersebut.

Masyarakat Sukabumi dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dengan menekan tombol di dalam aplikasi sebanyak tiga kali. Menekan tombol tersebut akan engirimkan sinyal yang diterjemahkan ke dalam suara sirine pada perangkat di jajaran kepolisian Sukabumi, yang dipantau oleh tim khusus.

“Polisi dari Polres Sukabumi akan segera untuk datang ke tempat dimana masyarakat yang memerlukan bantuan tersebut. Dengan cara, tentunya, melihat aplikasi tersebut, kemudian dicek posisinya, dan juga akan tergambar posisinya di Google Maps, terkait dengan arah tujuan masyarakat yang memerlukan bantuan,” jelas Kapolres Sukabumi, AKBP Muhammad Ngajib dalam siaran pers baru-baru ini.

Kehadiran aplikasi ini juga ditujukan untuk memungkinkan warga Sukabumi di area terpencil untuk mendapatkan bantuan saat mengalami insiden kriminalitas. Selain itu, aplikasi ini juga mempermudah pihak kepolisian dalam menjangkau lokasi pelapor insiden tersebut, berkat tampilan titik lokasi pada aplikasi.

Sejumlah warga Sukabumi yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini mengaku merasa terbantu dengan kehadiran. Salah seorang warga bernama Seti Susanti mengaku aplikasi ini memungkinkannya sebagai warga untuk dapat langsung menghubungi pihak kepolisian saat mengalami atau menyaksikan tindak kejahatan.

Menggunakan sistem operasi Android sebagai basisnya, warga dapat mengunduh aplikasi ini melalui toko aplikasi Google, yaitu Play Store, secara gratis.

STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY