Kembangkan Aplikasi Calova, Tim UGM Juara Kompetisi Teknologi Aplikasi Nasional

YOUNGSTERS.id - Tim Calova UGM berhasil menyabet gelar juara, untuk kategori mahasiswa, dalam kompetisi teknologi aplikasi nasional “DINACOM” di Universitas Dian Nuswantara, Semarang pada 27-28 Februari kemarin. Kompetisi diikuti 129 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Ajang kompetisi teknologi aplikasi DINACOM diselenggarakan untuk mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan jiwa technopreneurship dalam pengembangan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Lomba ini digelar dalam dua kategori, yaitu kategori pelajar dan kategori mahasiswa.

Tim Calova yang terdiri dari empat mahasiswa Departemen Ilmu Komputer FMIPA UGM, yaitu Hanifia Dyani, Lucgu Qolfiera Muhammad, Mochammad Afdal Wahyu, dan Fachran Dhani Achmad mengajukan aplikasi berbasis Android yang membantu mengkesplorasi minat anak muda.

“Calova ini kami kembangkan untuk membantu anak muda menggali lebih dalam minatnya melalui event-event yang mampu meningkatkan soft skills mereka,” jelas Hanifia, seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (1/3).

Cara penggunaan aplikasi ini tergolong mudah. Saat melakukan login, pengguna akan diberikan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab untuk mengetahui minat bakatnya.

“Ada 35 pertanyaan berbasis multiple intelligence yang harus dijawab pengguna. Jadi, ada tes psikologi untuk mengetahui minat bakat pengguna,” terangnya.

Setelah mendapatkan hasil tersebut, pengguna akan direkomendasikan mengikuti event-event yang sesuai dengan minat masing-masing. Beberapa kegiatan yang ditawarkan antara lain program internship (magang), workshop, kursus, beasiswa, kompetisi, volunter dan event-event lainnya. Sampai sekarang terdapat sekitar 60 events yang telah ditawarkan pada pengguna.

Calova telah dirilis pada 31 Januari 2016 lalu. Hingga kini terdapat 275 users yang telah mengunduh aplikasi ini.

Lucgu menambahkan saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan aplikasi Calova lebih lanjut. Nantinya, dalam aplikasi ini tidak hanya menyediakan informasi event-event yang sesuai dengan minat pengguna saja. Namun, ke depan akan memberikan edukasi melalui artikel-artikel yang bersifat memotivasi.

Selain itu, pihaknya juga akan menambahkan push notification dalam aplikasi ini. Dengan begitu, pengguna bisa mendapat informasi secara rutin terkait event-event yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, nantinya akan disediakan fitur yang bisa menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lainnya yang memiliki kesamaan minat.

“Kedepan akan kami kembangkan fitur chat room yang menghubungkan user satu dan lainnya dengan interest yang sama,” ujar Lucgu.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA