Kampung Digital UKM Di Makasar

YOUNGSTERS.id - Kampung UKM Digital dicanangkan di Makasar. Dengan adanya layanan teknologi informasi di UKM Lingkungan Hidup Bank Sampah diharapkan dapat memudahkan para pemilik Bank Sampah dalam menjalankan proses bisnisnya sekaligus meningkatkan pendapatan bagi para pemilik usaha.

Peluncuran Kampung UKM Digital Lingkungan Hidup Bank Sampah Pusat Kota Makassar ini dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah disaksikan oleh Wakil Presiden RI pada acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2016 Sabtu (5/3) di Celebes Convention Centre, Makasar.

Kampung UKM Lingkungan Hidup Bank Sampah ini merupakan Kampung UKM Digital pertama di Sulawesi Selatan dan yang kedua di wilayah Telkom Regional VII setelah Kampung UKM Digital Sarung Donggala di Palu.

“Ini adalah bagian dari program Kampung UKM Digital yang telah dicanangkan Telkom untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di Sentra UKM atau UKM yang terpusat di suatu lokasi tertentu,” kata Nuryadin Salam General Manager Telkom Makassar akhir pekan lalu.

Di Makassar, Telkom turun ambil bagian dalam peluncuran integrasi Bank Sampah menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM). Telkom memberi sentuhan digital berupa penyediaan Broadband Learning Centre (BLC) dan fasilitas akses internet berbasis WiFi di Bank Sampah Pusat yang berlokasi di Jalan Toddopuli Makassar.

“Dengan adanya layanan teknologi informasi di UKM Lingkungan Hidup Bank Sampah diharapkan dapat memudahkan para pemilik Bank Sampah dalam menjalankan proses bisnisnya sekaligus meningkatkan pendapatan bagi para pemilik usaha,” katanya.

Apalagi UKM lingkungan hidup ini membina 200-an UKM yang ada di Kota Makassar. Tidak hanya memberikan dukungan layanan teknologi informasi, Telkom juga akan melakukan pendampingan dalam hal peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemanfaatan TIK melalui pelatihan TIK untuk UKM.

“Setelah peluncuran yang pertama ini, rencananya kami (Telkom) akan meluncurkan Kampung UKM Digital berikutnya di Takalar karena target kami adalah setidaknya ada 5 Kampung UKM Digital untuk Wilayah Telkom Sulawesi Selatan,” tambah Nuryadin.

Kampung UKM Digital ini melengkapi berbagai program pengembangan UKM yang telah berjalan, seperti edukasi pemanfaatan teknologi informasi komunikasi bagi UKM di 500 sentra UKM di berbagai kota, 20 Kampung Nelayan Digital. Dengan semua program ini, Telkom menargetkan ada sejuta UKM yang berhasil mengadopsi teknologi digital dari Telkom.

 

STEVY WIDIA