Jumlah Wirausahawan Indonesia Melonjak

Pemerintah mendorong penciptaan wirausaha muda. (foto: ilustrasi/istimewa)

YOUNGSTERS.id - Data Kemenkop UKM menyebutkan, jumlah wirausahawan di Indonesia melonjak tajam dari 0,24% menjadi 1,56% dari jumlah penduduk. Kemenkop optimistis tahun 2016 pertumbuhan wirausaha ke titik ideal minimal 2% dapat tercapai.

Demikian dikemukakan Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), dalam seminar “Mengulas Pentingnya Pemasaran dan Pengetahuan Pemasaran” bagi UMKM di Universitas Mercu Buana, Selasa (8/3/2016) di Jakarta.

Tetapi, lanjut Agus, sejauh ini jumlah wirausaha di Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga lainnya. “Jumlah wirausaha Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya Singapura sebesar 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 4%. Sementara negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10% dari jumlah populasi,” kata Agus.

Menurut Agus, jika jumlah wirausaha bisa bertambah maka akan turut mendongkrak ekonomi negara, bertambahnya lapangan pekerjaan, dan akhirnya meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat. “Selain itu, pelaku usaha di Indonesia juga harus mulai melek digital. Ini sesuai tren yang tengah mengemuka di masyarakat,” ujar Agus.

Tak hanya itu, Agus juga menyarankan agar semua mahasiswa membuat program bagaimana menjadi wirausaha yang sukses bila selesai kuliah. Sejumlah peluang bisa diraih jika mahasiswa menjadi wirausaha. “Saya mendorong mahasiswa Indonesia untuk menjadi warausaha pemula atau start up,” tukas Agus.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY